ADVERTISEMENT

NasDem Kritik Demokrat: Koalisi Besar Hanya Memperkecil Pilihan Rakyat

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 20:19 WIB
Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali.
Foto: Ahmad Ali (dok: www.nasdem.id)
Jakarta -

Waketum Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas buka-bukaan terkait Demokrat yang membutuhkan koalisi besar untuk memenangkan Pemilu 2024 dan menjalankan pemerintahan. Partai NasDem menilai koalisi besar hanya akan memperkecil pilihan rakyat terhadap calon presiden (capres) yang akan dipilih.

"NasDem melihat bahwa koalisi besar itu hanya akan memperkecil pilihan-pilihan terhadap rakyat untuk calon pemimpin sehingga masyarakat dipaksa untuk memilih apa yang disodorkan oleh koalisi partai," kata Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Kamis (18/8/2022).

Ali berharap akan hadir tiga pasangan calon dalam Pilpres 2024 nanti. Tiga pilihan itu, lanjut Ali, agar masyarakat mempunyai banyak pilihan.

"Kita berharap dalam Pilpres nanti akan lahir paling tidak tiga pasangan sehingga masyarakat lebih punya banyak pilihan untuk memilih calon pemimpinnya," jelas Ali.

Ali kemudian menyebut kemenangan Pemilu 2024 nanti bukan hanya ditentukan oleh sebarapa besar koalisi. Menurutnya, kemenangan itu dapat ditentukan berdasarkan tokoh yang diusung dari koalisi tersebut.

"Bagi NasDem kemenangan itu tidak semata ditentukan oleh seberapa besar koalisi, tapi bisa ditentukan oleh siapa figur yang diusung dan gagasan apa yang dikeluarkan untuk masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Ali menyampaikan, sampai saat ini belum ada koalisi besar yang muncul untuk Pemilu 2024 nanti. Diketahui, sampai saat ini, baru hanya ada dua koalisi yang diumumkan, yaitu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP dan juga koalisi Gerindra-PKB.

"Sampai hari ini belum ada koalisi besar yang muncul. Kalau kemudian kita mengikuti perkembangan deklarasi beberapa parpol bahwa KIB dengan tiga partai ya, Gerindra dengan PKB, terus PDIP belum kita tahu ke mana arahnya karena memang dia satu-satunya partai yang bisa mengusung sendiri," imbuh Ali.

"Sehingga dari apa yang kita lihat hari ini belum tergambar seperti apa koalisi besar yang dimaksud Ibas dalam statement tersebut," tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Demokrat Resmi Daftar Pemilu 2024, AHY Targetkan Raih 15% Suara':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT