ADVERTISEMENT

Jokowi soal Pilpres 2024: Jangan Ada Fanatisme Berlebihan, Jangan Anarkis

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 22:17 WIB
Jokowi
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pesan kepada semua pihak terkait Pemilu 2024. Dia meminta agar Pemilu tidak dijadikan sesuatu yang mengkhawatirkan dan menyeramkan.

"Jangan dijadikan Pemilu itu sesuatu yang mengkhawatirkan, menyeramkan," kata Jokowi dalam Program Special CNBC Indonesia Economic Update, Kamis (18/8/2022).

Jokowi meminta agar Pemilu 2024 lebih mengedepankan demokrasi gagasan dan ide. Dia juga berharap agar tidak ada lagi fanatisme berlebihan yang dapat berujung pada anarkisme.

"Kita harus membawa pemilu sebagai sebuah demokrasi gagasan, demokrasi ide. Jangan sampai ada fanatisme yang berlebihan, kemudian jangan anarkis," ucapnya.

"Selalu saya ingatkan pentingnya kerukunan, pentingnya persatuan, dan yang jelas presiden ke depan harus bekerja keras karena tantangan tantangan dunia yang kita hadapi semakin tidak ringan, smeakin berat, semakin sulit," lanjut dia.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyarankan agar Pemilu ke depannya lebih banyak memanfaatkan teknologi informasi. Sehingga, kata dia, Pemilu bisa menjadi agenda yang juga mencerdaskan bangsa.

"Kita juga berharap pemilu ke depan banyak menggunakan teknologi informasi, banyak gunakan teknologi digital, dalam kampanye menggunakan video conference misalnya, virtual saya kira akan lebih mencerdaskan rakyat dan itu yang saya harapkan," ujar dia.

(maa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT