ADVERTISEMENT

PAN: Hasto Tak Sindir KIB soal Curi Start 2024

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 10:55 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berkelakar kepada para elite PDIP untuk tidak mencuri start seperti Pemilu 2024 saat menjadi wasit lomba bakiak dalam rangka memperingati HUT ke-77. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP merespons itu dengan santai.

"Mas Hasto hanya bercanda saja, tapi tepat juga sih analoginya," kata Waketum PAN Viva Yoga kepada wartawan, Kamis (18/8/2022).

Viva menilai analogi tepat sebab karena koalisi partai seperti bermain bakiak. Koalisi partai yang terdiri dari beberapa partai politik diharuskan kompak.

"Karena berlari memakai bakiak itu seperti membuat tim koalisi partai: dalam satu tim ada beberapa orang (parpol), bergerak ke depan harus seiring sejalan, harus kompak dalam langkah dan pemikiran," jelasnya.

Menurutnya, jika ada satu anggota itu tidak sejalan, maka bakiak itu akan terjatuh. Sama seperti anggota koalisi yang tidak sejalan, maka koalisi itu akan terjatuh.

"Jika ada satu anggota yang tidak seiring-sejalan, maka tim bakiak itu akan tersungkur ke tanah. Jatuh berantakan sebelum mencapai finis, he-he-he," ujar Viva.

Meski demikian, Viva melihat Hasto tidak sedang menyindir KIB. Viva mengibaratkan KIB masih dalam tahap melakukan diskusi dan konsolidasi. Tidak mencuri start Pemilu 2024 seperti yang disebutkan Hasto.

"Mas Hasto tidak menyindir KIB. Karena tim bakiak KIB masih melakukan diskusi, pertemuan konsolidasi, pemanasan fisik sebelum bertanding. Tim bakiak KIB akan menunggu peluit ditiup oleh wasit, KPU RI untuk memulai proses pertandingan," imbuhnya.

Simak juga video 'Zulhas Bacakan Visi Misi KIB: Akhiri Politik Identitas, Lahirkan Gagasan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT