ADVERTISEMENT

Bawaslu Siap Hadapi Sengketa Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 17:31 WIB
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (Karin-detikcom)
Foto: Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (Karin-detikcom).
Jakarta -

Pendaftaran partai politik untuk mengikuti kontestasi Pemilu 2024 sudah ditutup. Nantinya, Bawaslu bakal menerima partai yang mengajukan sengketa.

"Kemudian kedua masalah, sengketa. Nah pada saat ini masih ada parpol yang diperiksa kelengkapan berkasnya, yang penting sudah mendaftar sebelum jam 23.59 WIB," ujar Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Sejak kemarin, sudah tidak ada lagi proses pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024. Namun, proses pemeriksaan kelengkapan berkas hingga kini masih terus berlangsung.

"Kalau nanti misalnya pada hari ini 23.59 WIB dinyatakan lengkap berarti yang bersangkutan bisa melakukan verifikasi administrasi," kata Bagja.

Namun, jika berkas partai dinyatakan tidak lengkap maka tidak dapat melanjutkan proses administrasi verifikasi. Kemudian, menurut aturan serta surat edaran Ketua Bawaslu, proses permohonan sengketa dapat diajukan.

"Menurut UU dan Perbawaslu, maka proses sengketa bisa dilakukan, yaitu maksimal 3 hari sejak dikeluarkannya keputusan KPU atau berita acara KPU mengenai tindak lanjut dari parpol yang bersangkutan masuk ke dalam proses verifikasi administrasi. Jadi kita tunggu jam 23.59 WIB nanti," ucap Bagja.

Bagja berharap tidak ada partai yang mengajukan permohonan setelah berita acara KPU dikeluarkan. Namun, itu merupakan hak partai untuk mengajukan sengketa ke Bawaslu jika berkasnya dinyatakan tidak lengkap.

"Jika pun tidak lengkap hak partai tersebut mengajukan sengketa ke Bawaslu. Apakah Bawaslu siap? Insyaallah siap untuk melakukan proses ke depan mengenai penyelesaian sengketa," kata Bagja.

Simak Video '24 Parpol yang Berkas Pendaftaran Pemilu Dinyatakan Lengkap oleh KPU':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT