ADVERTISEMENT

PPP: Apakah KIB Bisa Gabung Bersama Gerindra-PKB? Waktu Akan Menentukan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 08:54 WIB
Anggota MPR RI dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi, menjadi pembicara dalam Diskusi Empat Pilar MPR RI dengan Tema Potensi Golput di Pemilu 2019 di Media Center MPR/DPR RI, Jakarta, Senin (18/2/2019).
Achmad Baidowi (Lamhot Aritonang).
Jakarta -

Gerindra dan PKB resmi membentuk koalisi partai untuk mengusung pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden di Pemilu 2024. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang digagas Golkar, PPP, dan PAN, mengucapkan selamat dan memberi pesan khusus.

"Saya ucapkan selamat atas bergabungnya, terbentuknya koalisi Gerindra PKB. Kita bisa kompetisi secara sehat untuk ciptakan Pemilu damai, ramah dan penuh kegembiraan," kata Ketua PPP Achmad Baidowi, saat dihubungi, Sabtu (13/8/2022).

Menurut Awiek, panggilan akrab Achmad Baidowi, koalisi Gerindra dan PKB telah memenuhi syarat untuk mengusung capres, yaitu memiliki 20 persen suara di parlemen. Soal KIB dan koalisi Gerindra-PKB akan mengusung capres yang sama, Awiek tak mau berspekulasi.

"Bagus karena kalau Gerindra dan PKB koalisi berarti memiliki kekuatan untuk mengusung calon presiden. Sama dengan KIB. Apakah kemudian KIB bersama Gerindra PKB bisa gabung, waktu akan menentukan. Seperti sekarang, kita masih lakukan penjajakan-penjajakan," katanya.

Deklarasi Gerindra dan PKB disebut menjadi pertanda baik bagi demokrasi Indonesia. Setidaknya telah ada tiga poros dalam Pemilu 2024.

"Dengan adanya koalisi tersebut, Pilpres telah ada tiga poros. Satu PDIP, KIB, satu lagi Gerindra PKB. Semakin banyak poros, semakin baik bagi Indonesia," ucapnya.

Gerindra dan PKB Resmi Deklarasikan Koalisi di Pilpres 2024

Gerindra dan PKB resmi mendeklarasikan koalisi di Pilpres 2024. Koalisi Gerindra dan PKB secara langsung dideklarasikan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8).

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.07 WIB, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Ukum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meneken piagam deklarasi. Terlihat Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, dan pejabat teras kedua parpol mendampingi.

Usai itu, keduanya mengangkat piagam deklarasi yang telah ditandatangani. Riuh sorak para kader langsung memenuhi seantero ruangan.

Simak Video 'Teka-teki Partai yang Hadir di Acara KIB, PSI Merapat?':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT