ADVERTISEMENT

Gerindra Resmi Koalisi dengan PKB, Demokrat: Kami Intens ke PKS-NasDem

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 07:41 WIB
Kepala Bakomstra Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.
Foto: Herzaky Mahendra Putra (Dok: Istimewa)
Jakarta -

Gerindra dan PKB telah sepakat untuk membentuk koalisi partai mengusung calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024. Partai Demokrat pun mengucapkan selamat dan menyatakan sedang intens berkomunikasi dengan PKS serta NasDem.

"Selamat untuk teman-teman Gerindra dan PKB yang telah meresmikan koalisinya. Secara hitung-hitungan kursi parlemen, telah memenuhi syarat ambang batas presiden untuk mengajukan capres dan cawapres di Pilpres 2024. Kami doakan koalisi dan kebersamaannya bisa tetap solid dan lancar sampai dengan hari pendaftaran. Jadi, bisa mendaftarkan satu pasangan calon presiden dan wakil presiden," kata Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra, kepada wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Dia kemudian bicara progres komunikasi politik untuk membentuk koalisi. Demokrat sedang membangun komunikasi dengan beberapa partai, khususnya PKS dan NasDem.

"Demokrat saat ini sudah semakin dekat dalam jalan merangkai koalisi. Komunikasi memang kami lakukan dengan teman-teman dari berbagai parpol, baik yang sudah membentuk koalisi, maupun yang masih dalam proses," katanya.

"Seperti yang disampaikan oleh Ketum AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), kami memang lebih intens berkomunikasi dengan Nasdem dan PKS. Sudah ada beberapa pertemuan membahas ini. Tetapi, kami juga tetap menjalin komunikasi dengan parpol-parpol lainnya," katanya.

Menurut Herzaky, Demokrat belum memastikan kapan waktu pengumuman koalisi. Bisa saja akhir tahun ini atau awal tahun depan.

"Untuk pengumuman koalisi, dengan siapa nantinya, kami bersama mengusung capres dan cawapres, Ketum AHY juga sudah menyampaikan. Kemungkinan akhir tahun ini atau awal tahun depan. Kan sudah dekat juga. Ditunggu saja. Bahkan, bisa saja lebih awal. Politik Indonesia kan sangat dinamis, bahkan cenderung last minute kepastiannya, baru ada informasi yang bisa kita bagi," ucapnya.

"Yang penting, koalisi yang akan kami bentuk, memperjuangkan perubahan dan perbaikan untuk rakyat Indonesia. Karena harapan rakyat, adalah perjuangan Demokrat," ujarnya.

Gerindra dan PKB Resmi Deklarasikan Koalisi di Pilpres 2024

Gerindra dan PKB resmi mendeklarasikan koalisi di Pilpres 2024. Koalisi Gerindra dan PKB secara langsung dideklarasikan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8).

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.07 WIB, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Ukum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meneken piagam deklarasi. Terlihat Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, dan pejabat teras kedua parpol mendampingi.

Usai itu, keduanya mengangkat piagam deklarasi yang telah ditandatangani. Riuh sorak para kader langsung memenuhi seantero ruangan.

Simak 'Gerindra-PKB Resmi Berkoalisi untuk Pilpres 2024!':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT