ADVERTISEMENT

KPU: 9 Partai akan Daftar Peserta Pemilu 2024 pada Hari Terakhir

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 19:32 WIB
Ilustrasi gedung KPU
Gedung KPU (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 berakhir besok. Sebanyak sembilan partai diagendakan akan melakukan pendaftaran.

"Dari 43 partai politik pemilik akun Sipol, 31 partai politik telah melakukan pendaftaran, 9 partai politik mengkonfirmasi rencana pendaftaran pada hari Minggu, 14 Agustus 2022," kata Ketua Divisi Bidang Teknis KPU RI, Idham Holik, Sabtu (13/8/2022).

Beberapa partai tersebut antara lain Partai Republik Satu pada pukul 10.00 WIB, Partai Pemersatu Bangsa pada pukul 14.00 WIB, dan Partai Karya Republik pada pukul 15.00 WIB.

Selain itu, pada pukul 16.00 WIB akan ada Partai Pandu Bangsa, Partai Bhinneka Indonesia dan Partai Masyumi. Dilanjut Partai Damai Kasih Bangsa pada pukul 20.00 WIB, Partai Kedaulatan pada pukul 20.30 WIB dan diakhiri Partai Rakyat pada pukul 22.00 WIB.

Idham menuturkan, selain itu ada tiga partai pemilik akun Sipol yang belum mengkonfirmasi untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024. Beberapa partai tersebut yaitu Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Pergerakan Kebangkitan Desa dan partai Mahasiswa Indonesia.

"Tapi memang nanti pada waktu batas akhirnya mereka tidak mau mendaftar yaitu persoalan hak politik partai tersebut, tidak ada sanksi," tuturnya.

Selain pendaftaran, hari besok juga menjadi hari terakhir bagi partai politik yang belum lengkap untuk melengkapi berkas pendaftaran. Untuk mengantisipasi lonjakan partai yang datang, pihaknya sudah menyiapkan tim pemeriksaan dokumen

"Kami sudah menyiapkan tim pemeriksaan dokumen. Insya Allah kami yakin kami dapat melayani parpol tanpa ada kendala di esok hari. Kami yakin kami dapat melayani Parpol tanpa kendala. Kami sampaikan ke parpol maksimalkan waktu yang tersisa untuk mengupload atau mengunggah data ke dalam aplikasi," pungkasnya.

(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT