ADVERTISEMENT

Rapimnas Gerindra

Prabowo: Politik Indonesia Penuh dengan Kepiting-kepiting

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 13:10 WIB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat berbicara soal politik Indonesia saat rapimnas Gerindra dengan PKB di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat. Prabowo mengibaratkan orang Indonesia dan politiknya seperti kepiting. Apa maksudnya?

Prabowo awalnya mengungkap Indonesia memiliki sifat seperti kepiting. Dia menyebut filosofi itu didapatkannya saat belajar dengan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

"Ada yang mengatakan rumpun kita, bangsa di Nusantara ini punya sifat seperti kepiting. Kalau kepiting perhatikan, ini saya belajar dari Pak Mahathir Mohamad, jadi memang orang pribumi ini, seperti kepiting," kata Prabowo di depan kader Gerindra dan PKB, Sabtu (13/8/2022).

Prabowo menyebut sifat orang Indonesia seperti kepiting yang menarik temannya ketika ada yang mau naik ke atas. Dia menyebut orang Indonesia cenderung menyeret temannya turun ketika henda naik.

"Perhatikan kepiting itu kalau ditaroh di suatu kolam atau baki, kalau ada temannya, jadi kepiting hidup, kalau ada temannya mau naik ke atas, temannya lagi tarik kakinya diseret ke bawah. Ada lagi mau naik sampai di atas ditarik lagi oleh temannya diseret ke bawah. Itu sifat kepiting," ucapnya.

Prabowo menyebut politik Indonesia dipenuhi dengan kepiting-kepiting itu. Dia tidak menjelaskan siapa yang dimaksud.

"Nah kadang politik Indonesia penuh dengan kepiting-kepiting," ujar dia.

Prabowo Siap Nyapres Lagi di 2024

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyatakan siap maju capres di Pilpres 2024. Prabowo menerima permintaan para kader yang selama ini mengerahkan dukungan agar sang ketum kembali maju nyapres untuk yang ketiga kalinya.

"Saudara-saudara dengan demikian dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim setelah saya mempelajari dan mendengarkan dengan seksama, sikap setiap DPD dan setiap sayap partai, yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden Republik Indonesia tahun 2024," kata Prabowo di SICC, Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8).

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan Saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai claon presiden Indonesia," kata Prabowo.

Diketahui, Rapimnas Gerindra digelar di SICC, Sentul, Jumat-Sabtu, 12-13 Agustus 2022. Rapimnas itu mengagendakan Prabowo memberikan jawaban atas permintaan kader agar maju capres pada Jumat malam. Sementara, deklarasi koalisi dan deklarasi Prabowo sebagai capres usungan Gerindra akan digelar Sabtu siang.

(maa/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT