ADVERTISEMENT

Amien Rais Kritik PT 20%: 6 L, Lagi-lagi Lu Lagi-Lagi Lu!

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 17:39 WIB
Partai Ummat mengusulkan e-Voting Pemilu 2024 memakai sistem blockchain. Hal ini disampaikan Amien Rais dkk dalam jumpa pers.
Amien Rais (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mengkritik perihal ambang batas atau presidential threshold (PT) 20%. Amien menilai kebijakan PT 20% itu akan melestarikan budaya 'lu lagi-lu lagi', karena tidak semua partai dapat melampaui ambang batas.

"Jadi memang gara-gara yang 20 persen threshold itu memang seperti kata para pengamat yang tajam itu akan melestarikan 6L itu, 'Lagi-lagi lu lagi-lagi lu," kata Amien di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (12/8/2022).

Amien menilai tak perlu adanya ambang batas dalam menentukan presiden dalam pemilu 2024. Dia mengatakan kemungkinan bibit baru akan muncul jika ambang batas dihilangkan.

Amien lantas menyebut sosok calon presiden yang ideal. Menurutnya, calon presiden ideal itu yang bisa meninggalkan sistem yang ada sekarang.

"Yang bisa usaha selamat tinggal kepada sistem sekarang ini yang terlalu dikuasai oleh oligarki," tegasnya.

Pemilu Dua Dimensi Jadi Strategi Partai Ummat Menangkan Pemilu

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi bicara strategi pemenangan Partai Ummat di pemilu 2024. Strategi yang dimaksud itu yakni politik dua dimensi. Apa itu?

"Jadi salah satu strateginya politik dua dimensi ya. Dimensi pertama kita merawat royalis Amien Rais, royalis pendiri-pendiri partai dan juga yang merasa platformnya sama melawan kezaliman dan tegakkan keadilan," kata Ridho di kesempatan yang sama.

Selain itu, dimensi yang kedua adalah mendekati masyarakat yang berusia 17 hingga 40 tahun sebesar 60 persen suara. Jadi, Partai Ummat harus memiliki pendekatan ke kaum milenial dan zilenial.

"Merawat pohon yang sudah ada dan kemudian membangun atau menanam pohon yang baru," ucap Ridho.

Ridho lalu bicara target Partai Ummat di pemilu 2024. Target Partai Ummat yakni bisa masuk ke dalam tiga besar suara terbanyak sehingga bisa masuk ke parlemen.

"Tiga besar kalau kita lihat belasan dua digit sudah masuk 5 persen suara. Ya kalau 3 besar mendekati diantara 20 hingga ke angka 15 atau 17 juta," kata Ridho.

"Sekaligus kami mohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia, jadi Partai Ummat lolos menjadi salah satu peserta pemilu dan insyaallah semangat perjuangan Partai Ummat lawan kezaliman dan tegakkan keadilan. Mulai dari penegakan hukum yang tebang pilih kemudian kesehatan dan tentunya juga ekonomi," sambungnya.

Tonton juga Video: Anis Matta Targetkan Partai Gelora Lolos Parliamentary Threshold 4 Persen

[Gambas:Video 20detik]




(ain/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT