ADVERTISEMENT

Partai Republik dan Parsindo Daftar Peserta Pemilu 2024 ke KPU

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 17:12 WIB
Partai Republik datang ke KPU RI (Wildan Noviansyah/detikcom)
Foto: Partai Republik datang ke KPU RI (Wildan Noviansyah/detikcom)
Jakarta -

Partai Republik dan Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) tiba di kantor KPU RI untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024 mendatang. Mereka membawa massa masing-masing.

"Kami ingin melaporkan bahwa kami alhamdulillah sudah memenuhi Sipol dengan tingkat provinsi 100% Kabupaten kota 75% kecamatan 50% dan syarat minimal anggota 1000 sudah kami isi, sudah selesai dengan harapan semoga kami bersama bisa ikut ke dalam, ikut serta," kata Suharno di kantor KPU RI, Jumat (12/8/2022).

Sementara itu, Sekjen Partai Republik Heru Bahtiar Arifin mengatakan sejauh ini tidak ada kendala yang dihadapi partainya. Dia juga menyebut sudah mengevaluasi pemilu 2019, di mana partainya tidak bisa mengikuti kontestasi politik.

"Karena kami uji sudah cukup berpengalaman Insyallah kami tidak ada kesulitan. Jadi sudah kami input semua meskipun tahun lalu kan kami tidak lolos, bolong-bolong itu kemudian kami isi semua," kata Heru.

"Kami mungkin perlu lebih teliti lagi mengisi administrasi persyaratan. Kemarin (pemilu 2019) kurang teliti jadi sekarang sudah teliti," imbuhnya.

Selain itu, Heru menuturkan target partai Republik di Pemilu 2024 yakni memperoleh 5% Kursi di DPR RI.

"Target kami 5% (kursi DPR RI) saja suara di Pemilu. Di daerah kami tidak terlalu muluk-muluk juga 5% semua. Secara nasional dari kursi di parlemen 5% semua," ujarnya.

Parsindo Optimis 5 Besar di Pemilu 2024

Sementara itu, Ketua Umum Parsindo Jusuf Rizal partainya optimis menjadi lima besar Parpol di Pemilu 2024 nanti. Rizal mengatakan, hal ini selaras dengan dukungan loyalis Soeharto, termasuk dukungan dari Tommy Soeharto.

"Target kita tidak muluk-muluk kita berharap kita bisa menjadi lima besar Parpol di Indonesia tentu mungkin sekitar 50 kursi atau lebih. Basis suara dari loyalis Soeharto," kata Rijal di gedung KPU RI, Jumat (12/8/2022).

Parsindo daftar ke KPU (Wildan Noviansyah/detikcom)Foto: Parsindo daftar ke KPU (Wildan Noviansyah/detikcom)

"Saya rasa dukungan setiap orang berharga. Dan Tommy Soeharto kan punya jaringan yang kuat dan bisa juga menjadi bagian dari yang akan memenangkan Parsindo," imbuhnya.

Rijal menyebut dalam pemilu 2024 nanti partainya akan membangkitkan basis loyalis Soeharto karena belum ada partai lain yang demikian. Sementara loyalis Soekarno sudah pernah ada.

"Di Republik ini tidak ada satu partai politik yang bisa bertahan kalau tidak punya figur dan tidak punya basis. Misal orang belum pernah menggarap basis loyalis Soeharto, tapi ada partai lain yang bisa menggarap loyalis Soekarno. Soeharto kan punya juga loyalis, karena peninggalan sejarah Soeharto tidak jelek-jelek banget di Republik ini. Dulu dikatakan pak Harto karena KKN maka reformasi 98, minta beliau mundur. Pertanyaan sekarang KKN lebih banyak atau lebih berkurang," jelasnya.

Rijal berharap ke depan Parsindo bisa menjadi alternatif khususnya di Pemilu 2024 dengan fokus mengawal kepentingan rakyat. Dia juga menyinggung partai nya berbeda dengan beberapa partai lainnya yang terkesan menjadi penjilat.

"Kami berharap Parsindo bisa menjadi alternatif. Ketika banyak partai misal kurang berpihak pada kepentingan rakyat partai Parsindo menjanjikan bisa mengakomodir kepentingan rakyat karena sampai sekarang Parsindo masih partai bersih, tidak terikat dengan beban sejarah, tidak ada orang yang koruptor, tidak juga ada orang yang kira-kira bermain di wilayah yang bertentangan dengan hukum," kata dia.

"Parsindo bisa menjadi partai alternatif. Karena sekarang banyak partai yang ada, yang melacurkan diri, ada yang jadi penjilat. Kita ingin on track kita bersama rakyat dan kepentingan untuk memajukan rakyat itu dulu akan kita lanjutkan sebagaimana dilakukan pak Harto," imbuhnya.

(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT