ADVERTISEMENT

Partai Buruh hingga Partai Ummat Bakal Daftar Pemilu 2024 ke KPU Besok

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 17:41 WIB
Komisioner KPU Idham Holik
Komisioner KPU Idham Holik (Foto: Anggi/detikcom)
Jakarta -

KPU RI mengatakan ada enam partai politik yang akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 besok. Keenam partai itu akan mendaftar pada jam yang berbeda-beda.

"Pada kesempatan ini juga saya ingin menyampaikan jadwal partai politik yang rencananya akan mendaftar ke KPU Republik Indonesia pada hari Jumat tanggal 12 Agustus 2022 ini ada enam partai politik," kata Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik, dalam jumpa pers, Kamis (11/8/2022).

Dia mengatakan Partai Berkarya bakal mendaftar pada pukul 09.00 WIB. Kemudian, Partai Buruh pada pukul 13.00 WIB dan Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo) pada pukul 14.00 WIB.

"Kemudian Partai Republik pada pukul 14.15 WIB, Partai Ummat pada pukul 15.00 WIB dan Partai Indonesia Bangkit Bersatu pada pukul 16.00 WIB. Jadi pada hari Jumat besok tanggal 12 Agustus 2022 ada enam partai politik yang berencana akan daftar," jelas Idham.

Idham mengatakan hanya ada satu partai politik yang mendaftar ke KPU hari ini, yaitu Partai Kedaulatan Rakyat (PKR). Namun, KPU menyatakan berkas partai tersebut belum lengkap.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan kami terhadap dokumen, Partai Kedaulatan Rakyat maka dengan ini kami sampaikan Partai Kedaulatan Rakyat atau PKR kami berikan kesempatan untuk melengkapi sampai dengan batas waktu akhir pendaftaran yaitu 14 Agustus 2022 jam 23.59 WIB," ucap Idham.

"Jadi dengan demikian sampai dengan hari ini sudah ada 23 partai politik yang mendaftar 23 partai politik yang mendaftar. 17 partai politik dinyatakan lengkap dokumennya dan enam partai politik dokumennya saat ini sedang dilengkapi dan kita berikan kesempatan sampai dengan batas akhir waktu pendaftaran," sambungnya.

Sebelumnya, sejumlah partai telah melakukan pendaftaran ke Kantor KPU RI. Sebanyak 17 partai telah dinyatakan lengkap berkasnya. Berikut daftarnya:

1. PDI Perjuangan (PDIP)
2. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
5. Partai NasDem
6. Partai Bulan Bintang (PBB)
7. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
8. Partai Garuda
9. Partai Demokrat
10. Partai Gelora
11. Partai Hanura
12. Partai Gerindra
13. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
14. Partai Golongan Karya (Golkar)
15. Partai Amanat Nasional (PAN)
16. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
17. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Sedangkan enam partai belum dinyatakan lengkap. Simak daftarnya:

18. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)
19. Partai Reformasi
20. Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai)
21. Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI)
22. Partai Republiku Indonesia
23. Partai Kedaulatan Rakyat

Simak juga 'Teka-teki Partai yang Hadir di Acara KIB, PSI Merapat?':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT