ADVERTISEMENT

Projo Tepis Proposal Utama Jokowi Hanya Dukung Ganjar

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 15:57 WIB
Ketua Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi
Ketua Relawan Projo Budi Arie (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai pada akhirnya hanya ingin mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju capres di Pilpres 2024. Relawan Pro-Jokowi (Projo) mengatakan pendapat itu merupakan kesimpulan yang gegabah.

Ketua Relawan Projo Budi Arie mengatakan dinamika Pilpres 2024 masih panjang. Dia memastikan akan selalu tegak lurus kepada Jokowi. Andaikata Jokowi pilih 'merah', demikian pula Projo.

"Bagi kami dinamika Pilpres 2024 masih panjang. Projo selalu tegak lurus kepada Jokowi. Siapa pun yang beliau dukung pasti kami dukung tanpa reserve. Merah kata Jokowi, Merah kata Projo," kata Budi Arie saat dihubungi, Kamis (11/8/2022).

Budi mengatakan Jokowi harus berhubungan baik dengan siapa pun figur yang berpotensi maju capres. Soal pendapat Jokowi dukung Ganjar, Budi menyebut hal itu sah-sah saja di negara demokratis.

"Tentu Pak Jokowi harus memiliki jarak yang sama dengan siapa pun yang berpotensi untuk maju. Terhadap Pak Prabowo, Pak Airlangga dan Ganjar serta yang lainnya Pak Jokowi memiliki hubungan yang baik," kata Budi.

"Betulkah soal dukungan Pak Jokowi pada akhirnya ke Ganjar? Sebagai pendapat silakan saja. Ini negara demokratis," sambungnya.

Projo menegaskan para gabungan relawan Jokowi akan menggelar musyawarah rakyat (musra) untuk menjaring aspirasi soal figur yang bakal didukung sebagai capres 2024. Musra itu, kata dia, bakal menanyakan kembali kepada rakyat soal agenda kebangsaan, termasuk soal suksesor Jokowi.

"Tapi bagi kami dari Projo dan segenap relawan Jokowi, kami sedang menjalankan sebuah mekanisme untuk bertanya kembali kepada rakyat. Kami melakukannya dalam bentuk musyawarah rakyat yang akan selenggarakan di 34 provinsi di seluruh Indonesia," katanya.

Sekjen Projo Handoko menyebut hingga kini pihaknya tak condong ke figur mana pun yang akan didukung Jokowi di pilpres mendatang. Soal ini, kata dia, 'ojo kesusu'.

"Sampai saat ini Projo nggak condong ke mana-mana. Ojo kesusu, kata Presiden Jokowi," kata Handoko saat dihubungi, Kamis (11/8/2022).

Handoko mengatakan mengatakan bakal menunggu hasil musra dahulu. "Makanya Projo dan organ relawan lain akan menggelar Musyawarah Rakyat (Musra). Biarkan mekanisme musra berjalan dulu," katanya.

Terkait pendapat dukungan Jokowi yang dibaca ujung-ujungnya bakal bermuara ke Ganjar, Handoko menyebut kesimpulan itu masih terlalu gegabah dan menyederhanakan kalkulasi politik.

"Kesimpulan itu terlalu gegabah dan menyederhanakan kalkulasi politik," sambungnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Saksikan Video 'Adi Prayitno Yakini Jokowi Hanya Ingin Dukung Ganjar:

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT