Bos Parameter Politik Nilai Proposal Utama Jokowi Hanya Dukung Ganjar

ADVERTISEMENT

Bos Parameter Politik Nilai Proposal Utama Jokowi Hanya Dukung Ganjar

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 23:24 WIB

Jokowi Dinilai Ingin Negosiasi dengan PDIP Lagi

Pada acara yang sama, hadir pula Pendiri Lingkar Madani Ray Rangkuti. Ray berbicara mengenai kehadiran Ganjar dan Erick Thohir pada saat Jokowi muncul di car free day di Solo, Jawa Tengah, pada akhir pekan lalu.

"Kehadiran Pak Jokowi dengan Ganjar dan juga Erick di car free day di Solo itu bagian kembali menurut saya, Pak Jokowi itu mulai negosiasi kembali dengan PDI Perjuangan," kata Ray.

Ray menyebut negosiasi itu tak mesti mengenai Pilpres 2024. Dia menyebut bisa saja Jokowi dan PDIP bernegosiasi perihal hal lain, misalnya soal aturan yang hendak dibuat.

"Pak Jokowi mulai negosiasi kembali dengan PDIP, mungkin ada sesuatu yang tengah didiskusikan dengan mereka, yang boleh jadi tidak sedang berhubungan dengan Pilpres 2024, tetapi sekoci-sekoci ini akan dimainkan dalam konteks negosiasi itu," katanya.

"Mungkin presiden sedang menyiapkan aturan apa, undang-undang apa, macam-macam dan seterusnya itu. Nah beliau gandenglah Ganjar dan juga Erick kan, 'ini akan maju nih kalau anda tidak setuju dengan ide saya', gitulah kira-kira. Nanti PDIP 'oke, oke'," imbuhnya.

Ray juga menyinggung soal negosiasi Jokowi dengan PDIP terkait isu pencalonan Gibran Rakabuming untuk maju pada Pilgub DKI Jakarta. Dia juga mengaitkan negosiasi Gibran itu dengan dukungan ke Ganjar.

"Ingat, mengapa tiba-tiba PDIP meng-endorse Gibran di Solo untuk calon Gubernur DKI Jakarta? Saya akan mengatakan itu bagian negosiasi PDI dengan Pak Jokowi. Artinya PDIP mau mengatakan 'Pak Jokowi, kalau Anda dorong Ganjar kami nggak akan dukung Gibran, tapi kalau anda dukung yang kami pilih, kami akan promosikan'. Itu bagian dari negosiasi itu tadi," ucapnya.

"Oleh karena itu, bagian dari penampilan dua-tiga hari yang lalu itu bagian dari negosiasi dan saya kira akan begitu seterusnya sampai 2024 yang akan datang," tambahnya.


(lir/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT