ADVERTISEMENT

PDI Perjuangan Padamkan Isu Ganjar-Erick Diendorse Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 08:05 WIB
Presiden Jokowi jalan-jalan di CFD Solo ditemani Ganjar dan Jan Ethes, Minggu (7/8/2022).
Jokowi dan Ganjar Pranowo saat CFD di Solo. (Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) jalan santai saat car free day (CFD) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo, didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir. PDI Perjuangan (PDIP) menyebut Jokowi jalan bareng dua tokoh itu bukan untuk meng-endorse Ganjar dan Erick.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (7/8), Jokowi dan keluarga mulai berjalan kaki di area CFD sekitar pukul 07.30 WIB. Iriana Jokowi dan cucunya Jan Ethes Srinarendra turut rombongan Jokowi bersama Ganjar dan Erick.

Masyarakat menyapa Jokowi dan Jan Ethes di sepanjang jalan. Selain itu, Jan Ethes tampak membeli balon yang kemudian turut dibagikan kepada sejumlah pengunjung yang membawa anak kecil.

"Terima kasih, Mas Ethes," ujar seorang warga yang diberi balon.

Sejumlah masyarakat juga meminta untuk berfoto bersama dengan Jokowi, Iriana, dan Jan Ethes. "Pak Jokowi, boleh foto?" ujar masyarakat yang kemudian dijawab dengan lambaian tangan memanggil oleh Jokowi.

Sampai di kawasan Ngarsopuro, Jokowi dan Ganjar sempat berbincang. Tampak dari raut muka mereka sedang mengobrol serius. Ganjar mengaku hanya kebetulan bertemu dengan Jokowi. Dia mengatakan datang ke CFD untuk berolahraga.

"Ketemu di jalan. Aku lari sampe gembrobyos (berkeringat). Ra mudeng (nggak tahu Pak Jokowi mau ke CFD)," kata Ganjar setelah menemani Jokowi di Ngarsopuro, Minggu (7/8), seperti dilansir detikJateng.

Dia mengaku sempat bertanya kepada Jokowi saat pertama kali bertemu di Loji Gandrung. Menurutnya, Jokowi hanya ingin melihat-lihat CFD Solo.

"Ada acara apa pak di Loji gandrung. (Jokowi menjawab) 'reuni aja, mau lihat-lihat'. Nggak, beliau mau olahraga saja," ujar dia.

Ganjarist Bicara Endorse Nyapres

Relawan pendukung Ganjar, Ganjarist, menyebut kedekatan Jokowi dan Ganjar sudah menjadi rahasia umum. Jokowi disebut memiliki hubungan yang dekat dengan Ganjar.

"Kan memang sudah jadi rahasia umum, hubungan Pak Jokowi dengan Pak Ganjar itu sangat dekat," kata Ketua Ganjarist Eko Kuntadhi saat dihubungi, Minggu (7/8).

Eko menilai kedekatan Jokowi dan Ganjar tak hanya terkait hubungan di pemerintahan. Menurut Eko, Jokowi dan Ganjar memiliki kedekatan secara personal.

Momen Erick Thohir-Ganjar Pranowo dampingi Jokowi di CFD SurakartaMomen Erick Thohir-Ganjar Pranowo dampingi Jokowi di CFD Surakarta. (Tangkapan layar video)

"Kedekatan itu bukan hanya hubungan Presiden dan Gubernur. Tetapi Pak Jokowi secara personal dan Mas secara personal. Bila berjumpa bahasa tubuh keduanya menggambarkan kehangatan," ujar Eko.

Lebih lanjut, Eko menilai kebersamaan itu bisa ditafsirkan adanya sinyal endorse atau dukungan Jokowi kepada Ganjar untuk maju capres 2024. Eko menyebut Jokowi sering menggunakan bahasa simbol dalam melakukan komunikasi politik. Meskipun begitu, dia tak heran bila Ganjar turut hadir dalam agenda Jokowi melakukan CFD di Solo.

"Apakah kedekatan itu bisa ditafsir endorse dari Pak Jokowi ke Mas Ganjar? Bisa saja orang menafsir begitu. Kita tahu Pak Jokowi itu orang Solo. Beliau banyak menggunakan bahasa simbol dalam komunikasi politiknya," katanya.

"Tapi kalau acara CFD-nya Pak Jokowi di Solo, wajar ada Gubernur Jateng. Wong, emang setiap Pak Jokowi pulang ke Solo selalu ditemani Mas Ganjar, kan," lanjutnya.

Simak video 'Pak Jokowi Endorse Siapa, Prabowo Atau Ganjar?':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT