ADVERTISEMENT

Bambang Pacul Ungkap Safari Puan ke Parpol Dimulai Usai 17 Agustus

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 17:39 WIB
Ketua Bapilu PDIP Bambang Wuryanto (Bambang Pacul)
Bambang Pacul (Foto: Eva Safri/detikcom)
Jakarta -

Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul berbicara soal agenda Ketua DPP PDIP Puan Maharani menemui para elite parpol seperti yang ditugaskan khusus oleh Ketum Megawati Soekarnoputri. Bambang Pacul mengatakan silaturahmi politik itu akan dimulai setelah 17 Agustus 2022.

Bambang Pacul menjelaskan kalau Puan akan membuat tim advance sebelum melakukan pertemuan dengan parpol lain. Kemungkinan kata dia, tim itu akan dibentuk usai HUT ke-77 RI mendatang.

"Kebiasaan para petinggi partai sebelum pertemuan, biasanya ada tim advance. Nanti tim advance-nya ini yang berkomunikasi awal," kata Bambang Pacul di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

"Setelah tanggal 17 (Agustus) (tim advance turun). Semua kita fokus 17 (Agustus) kan hari kemerdekaan, hari keramat kita, kita rayakan dulu bersama-sama," lanjutnya.

Pacul mengatakan tim advance bentukkan Puan itu biasanya bakal mencocokkan waktu pertemuan. Selain itu juga mengatur soal materi pembahasan apa saja yang akan dibicarakan oleh elite antarparpol.

"Terutama untuk mencocokkan waktu, waktunya bisanya kapan karena soal waktu apalagi orang seperti Pak Jokowi kalau kita bicara Pak jokowi, itu waktu ada hitung-hitungannya. Maka perlu adanya tim advance yang menata waktu," kata Ketua Komisi III DPR itu.

"Yang kedua, soal-soal yang nanti dianggap mengganggu. Apa itu? Apa yang boleh diomongkan dan tidak boleh itu harus ada isunya, misalnya saya bicara dengan ketua partai X, jangan tanyakan yang ini atau ini. Do and do not-nya harus clear," lanjut Bambang Pacul.

Pacul menyebut sejauh ini belum ada tugas dari Puan kepada elite PDIP untuk menjadi tim advance. Meskipun begitu, Pacul memastikan tim itu akan bergerak dengan cepat.

"Biasanya begitu (tim terjun dulu). Karena ini belum ada tugas kita enggak berani ngomong. Kalau tim advance itu kan bergerak cepat sekali sehari juga selesai wong itu orangnya bisa beda-beda," tuturnya.

Lebih lanjut, Pacul mengaku tak tahu-menahu apakah tujuan dari pertemuan-pertemuan itu berujung pada kesepakatan koalisi. Yang pasti, kata dia, Megawati telah menugaskan Puan untuk melakukan silaturahmi.

"Tergantung perintah Ibu (Megawati) dan Mbak Puan kita enggak tau tapi silaturahmi, perintah itu sudah dikeluarkan Ibu secara verbal dan kita semua sudah mendengar," ujar Pacul.

Lihat juga Video: PDIP Singgung Pandangan Ideologis Saat Muncul Wacana Duet Puan-Anies

[Gambas:Video 20detik]




(fca/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT