ADVERTISEMENT

DPW Jabar Sodorkan Nama-nama Capres, DPP PAN Belum Putuskan Dukung Siapa

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 18:01 WIB
Yandri Susanto
Yandri Susanto (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

DPW Partai Amanat Nasional Jawa Barat (PAN Jabar) mengusulkan nama-nama bakal calon presiden pada Pemilu 2024, salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir, ke DPP. Waketum PAN Yandri Susanto menyebut nama Erick memang muncul dari banyak pengurus daerah.

"Bahwa Pak Erick Thohir muncul namanya di semua kabupaten dan kota? Iya. Yang saya pantau ya, walaupun saya nggak detail. Hampir semua walaupun saya nggak hapal, tapi hampir semua kabupaten dan kota itu memunculkan nama Pak Erick Thohir," kata Yandri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Yandri mengatakan DPP PAN belum memutuskan siapa yang akan diusung sebagai capres 2024. Dia mengatakan PAN bakal membahasnya dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Golkar dan PPP.

"Kalau itu (capres yang akan diusung) kan belum kami putuskan. PAN itu kan belum memutuskan siapa yang didukung dan diusung, termasuk syarat-syarat legal harus dipenuhi juga, misalkan nanti koalisinya dengan siapa. Walaupun di KIB sudah cukup (memenuhi parliamentary threshold), apakah nanti kesepakatan dengan KIB itu siapa capresnya itu kan belum," katanya.

Sebelumnya, PAN Jabar telah memutuskan nama-nama yang akan dicalonkan pada Pemilu 2024. Nama-nama tersebut merupakan keputusan bersama setelah melaksanakan Rakerwil se-Jawa Barat.

"Untuk calon dari internal tentunya kami memutuskan Ketua Umum Pak Zulkifli Hasan. Sedangkan untuk dari eksternal ada saudaraku Anies Baswedan, saudaraku Erick Thohir, saudaraku Ridwan Kamil dan saudaraku Ganjar Pranowo," kata Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari dalam keterangan yang diterima detikJabar, Senin (8/8).

Desy mengatakan tokoh yang diusulkan itu dinilai mumpuni untuk memimpin Indonesia. Dia juga menjelaskan alasan memilih sosok pemimpin dari kelima orang tersebut.

Desy mengatakan usulan Ganjar Pranowo berdasarkan serapan aspirasi masyarakat melalui Musda. Sementara itu, nama Anies Baswedan muncul karena pihaknya memandang telah memiliki banyak prestasi saat memimpin DKI Jakarta.

"Untuk ketum jelas kita selaku kader akan mendukung penuh ketum. Di sisi lain untuk calon lainnya pun juga memiliki keunggulan, semisal saudaraku Emil (Ridwan Kamil) adalah orang Sunda, yang cukup disukai dan saudaraku Erick kami nilai memiliki cukup pengetahuan tentunya bagaimana mengatur perekonomian," katanya.

"Kalau saudaraku Ganjar ternyata di Jabar khususnya di wilayah tertentu menyukai beliau karena rendah hati dan prestasi yang ditorehkannya," katanya.

Desy mengatakan nama-nama tersebut akan diajukan ke DPP PAN untuk diputuskan dalam Rakernas PAN pada akhir Agustus mendatang.

Simak juga 'Zulhas Singgung Batik Erick dan Anies, Kaitkan Capres':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT