ADVERTISEMENT

Eks Ketua KPUD Depok Ditahan di Rutan Sukamiskin Terkait Korupsi

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 14:12 WIB
Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok Titik Nurhayati ditahan di Rutan Sukamiskin.
Foto: Mantan Ketua KPUD Depok Titik Nurhayati ditahan di Rutan Sukamiskin. (dok. Kejari Depok)
Jakarta -

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok Titik Nurhayati ditahan di Rutan Sukamiskin. Penahanan dilaksanakan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

"Hari ini juga keluar penetapan dari hakim terkait dengan penahanan atas nama terdakwa Titik, dan terkait dengan penetapan tersebut telah dilaksanakan oleh jaksa penuntut umum untuk menjalani penahanan di Rutan Sukamiskin," kata Kasi Pidsus Kejari Kota Depok, Mochtar Arifin kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Mochtar menyebut pengacara Titik telah mengajukan penangguhan penahanan. Namun, disetujui atau tidak, menurutnya kewenangan itu ada di tangan hakim.

"Untuk pengacaranya juga mengajukan untuk penangguhan, tapi apakah di-acc apa belum, itu permohonannya ke hakim. Untuk saat ini kita melaksanakan penetapan terkait pelaksanaan penahanan. Saat ini sudah ke rutan," jelasnya.

Titik Nurhayati telah menjalani pemeriksaan administrasi. Selain itu pemeriksaan kesehatan juga telah dilaluinya.

"Sudah diantar oleh JPU ke rutan dan sudah menjalani administrasi dan pengecekan kesehatan," bebernya.

Kajari Kota Depok Mia Banulita dalam kasus ini telah menunjuk enam JPU. Di antaranya Kasi Pidsus Mohtar Arifin, Dimas Praja, Adi Tapangan, dan Alfa Dera, serta dua jaksa lainya yang bertugas pada seksi tindak pidana khusus.

"Titik Nurhayati dijerat Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," pungkasnya.

Seperti diketahui, mantan Ketua KPUD Kota Depok Titik Nurhayati ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah kegiatan fasilitas kampanye dan audit dana kampanye tahun 2015. Jaksa tidak menahan Titik Nurhayati dengan berbagai pertimbangan.

Kasi Pidsus Kejari Depok Mohtar Arifin mengatakan berkas perkara dan tersangka sudah diserahkan Senin (25/7). Adapun alasan tersangka tidak ditahan adalah tersangka masih aktif sebagai anggota komisioner KPU Jawa Barat.

"Terkait dengan penyerahan dan tersangka barang bukti pada (Senin) memang kita tidak melakukan penahanan. Ada pertimbangan-pertimbangan yang di kami terkait dengan bahwa tersangka masih sangat dibutuhkan tenaga dan pengetahuannya untuk KPU," papar Mohtar dalam keterangan resminya, Selasa (26/7).

(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT