Isu Jokowi Endorse Ganjar-Erick Mencuat, KIB Yakin Bukan Keputusan Final

ADVERTISEMENT

Isu Jokowi Endorse Ganjar-Erick Mencuat, KIB Yakin Bukan Keputusan Final

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 16:38 WIB
Sekjen PPP Arsul Sani di Semarang, 3/11/2020
Arsul Sani (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

Eko menilai kebersamaan itu bisa ditafsirkan adanya sinyal endorse atau dukungan Jokowi kepada Ganjar untuk maju capres 2024. Eko menyebut Jokowi sering menggunakan bahasa simbol dalam melakukan komunikasi politik. Meskipun begitu, dia tak heran bila Ganjar turut hadir dalam agenda Jokowi melakukan CFD di Solo.

"Apakah kedekatan itu bisa ditafsir endorse dari Pak Jokowi ke Mas Ganjar? Bisa saja orang menafsir begitu. Kita tahu Pak Jokowi itu orang Solo. Beliau banyak menggunakan bahasa simbol dalam komunikasi politiknya," katanya.

"Tapi kalau acara CFD-nya Pak Jokowi di Solo, wajar ada Gubernur Jateng. Wong, emang setiap Pak Jokowi pulang ke Solo selalu ditemani Mas Ganjar, kan," lanjutnya.

Kondisi saat ini, masih jauh dan banyak jalan menuju Istana. Nanti akan ditentukan oleh partai politik untuk mendaftarkan paslon. Saat ini yang sudah memenuhi persyaratan presidential threshold 20% masih KIB dan PDI Perjuangan saja.

Sebelumnya, Jokowi berjalan-jalan di CFD, Jalan Slamet Riyadi, Solo. Ganjar Pranowo tampak menemani dan beberapa kali terlihat berbincang serius.

Jokowi memulai berjalan-jalan pukul 07.20 WIB ditemani Ibu Negara Iriana dan cucunya Jan Ethes Srinarendra. Mereka baru bertemu Ganjar di kawasan Loji Gandrung.

Sampai di kawasan Ngarsopuro, Jokowi dan Ganjar sempat berbincang. Tampak dari raut muka mereka sedang mengobrol serius. Ganjar mengaku hanya kebetulan bertemu Jokowi. Dia mengatakan datang ke CFD untuk berolahraga.

"Ketemu di jalan. Aku lari sampe gembrobyos (berkeringat). Ra mudeng (nggak tahu Pak Jokowi mau ke CFD)," kata Ganjar usai menemani Jokowi di Ngarsopuro, Minggu (7/8).

Ganjar mengaku sempat bertanya kepada Jokowi saat pertama kali bertemu di Loji Gandrung. Menurutnya, Jokowi hanya ingin melihat-lihat CFD Solo.


(fca/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT