Isu Jokowi Endorse Ganjar-Erick Mencuat, KIB Yakin Bukan Keputusan Final

ADVERTISEMENT

Isu Jokowi Endorse Ganjar-Erick Mencuat, KIB Yakin Bukan Keputusan Final

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 16:38 WIB
Sekjen PPP Arsul Sani di Semarang, 3/11/2020
Arsul Sani (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta -

Isu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung atau endorse Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju Pilpres 2024 mencuat. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN, PPP menilai Ganjar-Erick belum final.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani awalnya menyebut momen Jokowi bersama para anggota kabinet membuka tafsir endorsement untuk Pilpres 2024. Dia pun menyebut penafsiran itu sah-sah saja.

"Setiap momen kebersamaan Jokowi dengan anggota kabinet, gubernur atau pejabat pemerintahan lainnya, harus diakui membuka ruang tafsir endorsement untuk pencapresan 2024. Tentu penafsiran itu pun ya sah-sah saja," kata Arsul kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

Arsul menilai isu dukungan Jokowi ke Ganjar dan Erick belum final. Dia yakin dukungan Jokowi bisa saja berubah dari waktu ke waktu.

"Namun karena momen kebersamaan itu dari waktu ke waktu bisa jadi berbeda yang terkait dengan sosok-sosok yang berpotensi jadi capres dan cawapres, maka tafsirnya bisa jadi kita maknai sebagai keadaan saat ini dan bukan sesuatu yang final," ujarnya.

Arsul mengatakan pihaknya bakal terus mencermati perkembangan bursa capres. Meskipun tafsiran sinyal 'endorse nyapres' itu muncul, Arsul menekankan KIB bakal memprioritaskan pencapresan berasal dari kader internal KIB.

"Bagi KIB tentu semuanya kami cermati, namun yang juga akan terus kami fokuskan dalah menawarkan figur dari dalam dengan tetap melihat tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Apalagi masih ada waktu yang cukup lama menuju pencapresan," kata dia.

Lalu, apakah KIB akan mendukung calon Ganjar-Erick jika benar-benar di-endorse Jokowi?

"Masih terlalu pagi untuk menjawab pertanyaan itu," katanya.

Relawan Ganjarist soal Endorse

Relawan Ganjar, Ganjarist, bicara soal sinyal endorse dari Jokowi ke Ganjar menuju tahun politik 2024. Ganjarist menilai kedekatan keduanya sudah menjadi rahasia umum.

"Kan memang sudah jadi rahasia umum, hubungan Pak Jokowi dengan Pak Ganjar itu sangat dekat," kata Ketua Ganjarist Eko Kuntadhi saat dihubungi, Minggu (7/8).

Simak video 'Pak Jokowi Endorse Siapa, Prabowo Atau Ganjar?':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT