ADVERTISEMENT

Jokowi Endorse Ganjar-Erick? PDIP: Itu Jalan Sehat Biasa!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 12:23 WIB
Hasto Kristiyanto (Dok PDIP)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Dok. PDIP)
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) menanggapi kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir yang jalan bareng di car free day (CFD) Solo. PDIP menegaskan bakal memutuskan sosok pemimpin berdasarkan ideologi, rekam jejak, hingga kaderisasi.

"PDI Perjuangan menegaskan bahwa yang dicari dari sosok capres dan cawapres 2024 adalah sosok pemimpin bangsa yang kokoh pada jalan ideologi Pancasila; memiliki rekam jejak prestasi yang membanggakan; lahir melalui proses kaderisasi kepemimpinan partai dan memiliki kemampuan profesional di dalam membawa kemajuan bangsa serta berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

PDIP menilai momen Jokowi jalan sehat bareng Ganjar dan Erick sebagai peristiwa hal yang bisa. PDIP menilai memutusukan sosok pemimpin tak dilakukan di pinggir jalan.

"Dengan demikian memutuskan tentang pemimpin tidak dilakukan di pingir jalan; tidak juga dilakukan sambil bersenda-gurau. Semua pertimbangan dilakukan dengan matang penuh dengan hikmat kebijaksanaan," ujar Hasto.

"Karena itulah jalan-jalan sehat yang dilakukan oleh Presiden Jokowi merupakan hal yang biasa, dan tidak terkait dengan kepemimpinan 2024," imbuhnya.

Pembahasan PDIP soal pemimpin 2024, menurut penjelasan Hasto, dilakukan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di tempat khusus. Hal itu, kata Hasto, dilakukan Megawati saat mencalonkan Jokowi.

"Pembahasan kepemimpinan 2024 akan dilakukan melalui dialog intens, mendalam, kontemplatif; bahkan tempatnya pun sangat khusus. Hal itulah yang nantinya akan dilakukan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan hal itulah yang beliau lakukan sebelum mencalonkan Pak Jokowi untuk Pemilu 2014 dan 2019," ujar Hasto.

Jalan kemajuan Indonesia, menurut Hasto, tidak terlepas dari tekad untuk berdaulat, berdikari dan berkepribadian dalam kebudayaan. Kesemuanya melalui supremasi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, riset dan inovasi dengan semangat percaya pada kekuatan sendiri.

"Dalam suasana yang khusus, maka yang terbentang dalam dialog intens-kontemplatif tersebut merupakan seluruh imajinasi Indonesia Raya yang telah diperjuangkan oleh Bung Karno sejak muda," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan Video 'Momen Jokowi Jalan-jalan di CFD Solo Bareng Jan Ethes, Ada Ganjar-Erick':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT