ADVERTISEMENT

Golkar Enggan Tarik-tarik Ganjar Jadi Capres KIB

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 12:04 WIB
Ketua DPD Golkar Jabar TB Ace Hasan Syadzily usai sowan ke Kiai NU Jabar
Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily. (Istimewa)
Jakarta -

Politikus PDIP Effendi Simbolon menilai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan kehilangan marwahnya jika mau nyapres dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar, PAN, dan PPP. Golkar menegaskan partainya tidak akan ikut campur urusan internal PDIP.

"Kami sangat menghormati PDIP yang pasti akan mencalonkan kadernya sendiri. Kami tidak mau ikut campur urusan internal PDIP, apalagi menarik-narik kader PDIP untuk dicalonkan sebagai capres dari KIB," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Jumat (5/8/2022).

Ace mengatakan KIB akan mengutamakan kader dari internal partai yang tergabung dalam KIB untuk dijadikan capres. Dia menekankan tidak ada pembahasan figur di luar kader partai KIB.

"Kami mengutamakan kader internal partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Itu sudah jelas disampaikan para ketum parpol yang tergabung dalam KIB dalam silaturahmi nasional beberapa saat yang lalu," jelas Ace.

"Tidak ada dalam pembahasan di KIB membahas khusus figur di luar kader partai di luar KIB," imbuhnya.

Ace lantas meminta tidak ada spekulasi terlalu jauh terkait capres yang akan diusung KIB. Internal KIB, sambung Ace, belum membahas lebih lanjut soal pencapresan.

"Di internal KIB saja belum dibahas soal capres, kok orang di luar KIB sudah berspekulasi terlalu jauh," ujar Ace.

Diketahui, politikus PDIP Effendi Simbolon bicara peluang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju jadi capres 2024 bersama gerbong Koalisi Indonesia Bersatu. Bagi Effendi, jika Ganjar maju nyapres dengan KIB akan melunturkan marwahnya sebagai kader PDIP.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT