ADVERTISEMENT

KIB Bakal Sampaikan Nama Capres ke Jokowi

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 10:35 WIB
arsul sani
Waketum PPP Arsul Sani. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

PPP bicara soal sosok calon presiden (capres) yang akan diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan PAN. Nama capres KIB disebut bakal disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tentu secara realitas politik, siapapun kalau nanti sudah terkerucutkan misalnya KIB itu ke siapa, pasti juga paling tidak secara informal akan dikomunikasikan ke Pak Jokowi. Itu dari realitas politik tidak bisa terhindarkan," kata Waketum PPP Arsul Sani kepada wartawan, Jumat (5/8/2022).

"Ya disampaikan lah jangan pakai dilaporkan. Kalau dilaporkan kan kesannya parpol itu subordinatnya Pak Jokowi, nggak gitu jugalah. Pasti disampaikan," sambungnya.

Selain itu, Arsul Sani juga bicara terkait sinyal Jokowi yang mendukung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Arsul melihat Jokowi tak hanya mendukung Prabowo.

"Sejauh ini dari apa yang disampaikan Pak Jokowi dan kemudian dari aktivitas Pak Jokowi bersama dengan, katakanlah, sejumlah anggota kabinet yang oleh publik atau di media itu disebut-sebut sebagai calon potensial untuk menjadi capres atau cawapres, maka menunjukkan bahwa sosok itu tidak tunggal, tidak satu gitu," ujar Arsul.

Arsul berpendapat wajar jika ada isu Jokowi mendukung Prabowo sebagai capres di 2024. Arsul kemudian menyoroti momen Jokowi dan Prabowo yang nampak bersama di sejumlah agenda.

"Kita lihatlah ya, kalau sekarang kemudian di media berkembang pendapat bahwa Pak Jokowi meng-endorse Pak Prabowo ya itu wajar. Karena saya kira Pak Prabowo yang kami lihat itu juga terlihat dalam sejumlah kegiatan bersama Pak Jokowi dan itu secara implisit sebetulnya menunjukkan endorsement," ujar Arsul.

Tidak hanya Prabowo, Arsul menuturkan ada figur lain yang menurutnya mendapat endorsement dari Jokowi menuju Pilpres 2024. Arsul kemudian menyebut nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak Video: KIB Kompak Daftar ke KPU, AHY: Yang Lebih Penting Bukan Hanya Simbolisasi

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT