ADVERTISEMENT

Giring Tegaskan Capres PSI Bakal Dipilih dari 9 Nama Hasil Rembuk Rakyat

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 16:29 WIB
Giring DO dari Paramadina, Ini Sederet Pengakuan Dirinya
Foto: Giring Ganesha (Tangkapan Layar).
Jakarta -

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan belum menetapkan calon presiden (capres) untuk 2024. Penentuan akan dilakukan setelah 'Rembuk Rakyat' berakhir pada November 2022.

"Kami di PSI tetap tegak lurus menjalankan amanat partai termasuk penentuan capres 2024 dalam Rembuk Rakyat," kata Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha, dalam keterangan tertulis, Kamis (28/7/2022).

Dalam rembuk rakyat PSI itu muncul 9 nama yang dianggap ideal untuk meneruskan Presiden Jokowi. Mereka adalah Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud Md, Muhammad Andika Perkasa, Mochamad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, dan Sri Mulyani Indrawati.

"PSI yakin, sembilan sosok tersebut adalah kader-kader bangsa yang dianggap mampu melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih, dan politik keterbukaan," kata Giring.

Sembilan nama tersebut diperoleh setelah para pengurus dan kader PSI menemui para tokoh muda, guru, akademisi, dunia usaha, tokoh agama, tokoh adat, dan orang-orang yang dianggap mewakili rakyat.

Kesembilan nama itu bukan kader PSI. Tapi, menurut Giring, PSI selalu siap jika salah satu kadernya diminta mengabdi dalam posisi lain di pemerintahan.

"Kami memiliki banyak kader muda potensial, berbakat, serta berprestasi yang siap memenuhi panggilan tugas negara. Tentunya dengan kualifikasi mengikuti tantangan yang saat ini dihadapi presiden," kata Giring.

Giring mengambil contoh kadernya yang duduk di pemerintahan, yakni Raja Juli Antoni, selaku Wamen ATR/BPN.

"Sebagai contoh, penunjukan Bro Raja Juli Antoni selaku Wakil Menteri ATR/BPN, kami pandang sangat tepat sebagai pasangan Pak Hadi Tjahjanto untuk memenuhi penugasan Presiden Jokowi terkait reformasi agraria dan maraknya mafia tanah yang saat ini terjadi di masyarakat," ujarnya.

Untuk diketahui, dua kader PSI memilih jalan politik yang berbeda dengan partainya. Mereka adalah Sunny Tanuwidjaja yang disebut membantu Anies Baswedan dan Surya Tjandra yang terang-terangan mendukung sosok Gubernur DKI Jakarta itu maju di kontestasi 2024.

Dirangkum detikcom, Kamis (28/7/2022), Sunny Tanuwidjaja disebut PSI mendukung Anies. Dia bahkan sudah keluar dari PSI dengan alasan terang-terangan ingin membantu Anies. Setelah itu, Surya Tjandra, eks wamen, menyatakan diri mendukung Anies maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Surya bahkan siap jika diminta membantu untuk menjadi tim pemenangan Anies.

Simak juga 'Pernyataan Eks Wamen ATR-Kader PSI Dukung Anies Jadi Capres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT