ADVERTISEMENT

Survei CSIS: Ridwan Kamil Dinilai Paling Kompeten Pimpin Jakarta

Eva Safitri - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 22:45 WIB
Jakarta -

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis tokoh-tokoh yang paling kompeten memimpin Jakarta ke depan. Tiga nama teratas dalam survei itu yakni Ridwan Kamil, Erick Thohir, hingga Tri Rismaharini.

Hal itu didasarkan pada survei CSIS yang dilakukan pada 29 Maret-12 April 2022. Jumlah sampel yakni 170 orang yang terdiri dari dari peneliti, akademisi, wartawan, birokrat, hingga politikus.

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap mula 110 orang, dan sisanya 60 orang dilakukan secara virtual. Kendali mutu dilakukan mulai dari perekrutan enumerator, pelaksanaan training, pengumpulan data hingga validasi dan verifikasi data.

CSIS awalnya mempertanyakan kompetensi yang paling dibutuhkan dalam memimpin Jakarta. Sebanyak 62,9% responden menilai kemampuan perencanaan dan eksekusi kebijakan serta pengalaman memimpin menjadi hal yang paling dibutuhkan.

"Di tengah tantangan kepemimpinan dan tata kelola Jakarta ke depan, terutama pasca-pemindahan IKN dibutuhkan kepemimpinan teknokratis dan berpengalaman dalam memimpin (kemampuan dalam perencanaan dan eksekusi kebijakan)," kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes, Senin (6/6/2022)

"Survei ini menemukan 62,9% responden ahli berpandangan bahwa kriteria pemimpin yang dibutuhkan Jakarta ke depan adalah pemimpin yang memiliki kemampuan perencanaan dan eksekusi kebijakan," tambahnya.

Arya mengatakan pihaknya pun mengajukan 10 nama tokoh yang dipandang memiliki kualifikasi memimpin Jakarta ke depan. Sepuluh nama yang diuji harus memiliki tiga kriteria yakni pengalaman birokrasi dan kepemimpinan, popularitas, dan dukungan partai politik yang berpeluang mengusung atau membentuk koalisi pencalonan.

Responden diberikan skala 1-10 untuk menilai 10 tokoh yang diajukan. Hasilnya Ridwan Kamil menjadi tokoh teratas, kemudian disusul Erick Thohir dan Tri Rismaharini.

"Secara umum dari 11 variabel yang diuji, nilai rata-rata tertinggi (dari skala 1-10), diraih oleh Ridwan Kamil (skor 7,11), disusul oleh Erick Thohir (skor 6,99), Tri Rismaharini (skor 6,78), dan nama-nama lainnya," ucapnya.

Berikut lengkap 10 tokoh yang diuji dengan penilaiannya masing-masing:

1. Ridwan Kamil 7,11
2. Erick Thohir 6,99
3. Tri Rismaharini 6,78
4. Sandiaga Uno 6,76
5. Emil Dardak 6,20
6. Hendar Prihadi 5,92
7. Gibran Rakabuming Raka 5,87
8. Ahmad Riza Patria 5,57
9. Nusron Wahid 5,45
10. Ahmad Sahroni 5,06

(eva/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT