Sohibul Iman: Kalau PKS Tak Dukung Anies, Tak Mungkin di Tim Kecil

ADVERTISEMENT

Sohibul Iman: Kalau PKS Tak Dukung Anies, Tak Mungkin di Tim Kecil

Devi Puspitasari - detikNews
Jumat, 27 Jan 2023 17:56 WIB
Presiden PKS Sohibul Iman
Foto: Sohibul Iman (dok. DPP PKS)
Jakarta -

Tim kecil berisikan 3 partai yakni NasDem, Demokrat, dan PKS berkumpul di kediaman Anies Baswedan. Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman menjawab pihaknya mendukung Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

"Saya katakan kalau PKS ini tidak dukung Pak Anis maka tidak mungkin saya ada terus-terusan di dalam tim kecil ini," kata Sohibul di Rumah Kediaman Anies Baswedan, Jl Lebak Bulus Dalam II, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023).

Sohibul menyampaikan, dalam tim kecil itu, Dirinya merupakan utusan resmi partai PKS. Sohibul menegaskan keterlibatannya menunjukkan bahwa PKS memang mendukung Anies.

"Saya dalam tim kecil ini adalah merupakan utusan resmi partai. Jadi kalau saya terlibat di tim kecil ini menunjukkan bahwa memang PKS dukung Anies," ujar Sohibul.

Sohibul mengapresiasi Partai Demokrat telah lebih dulu menyampaikan tentang sikap dari Partai Demokrat tersebut terkait dengan masalah dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada Partai Demokrat yang kemarin ketua umumnya saudara Agus Harimurti Yudhoyono sudah menyampaikan tentang sikap dari partai Demokrat terkait dengan masalah dukungan terhadap capres bapak Anies Rasyied Baswedan," tutur Sohibul.

Sohibul menjelaskan alasan partainya belum mendeklarasikan hal tersebut yakni deklarasi partai per partai, menurutnya, tergantung kepada proses internal masing-masing partai.

"Seperti sudah disampaikan pada saat Demokrat NasDem menyampaikan deklarasi dulu, itu kita tekankan bahwa masalah deklarasi partai per partai itu adalah sangat tergantung kepada proses internal masing-masing partai," imbuh Sohibul.

"Dan kami sangat menghargai menghormati sikap masing-masing partai NasDem merupakan partai yang proses internalnya lebih duluan kemudian disusul oleh partai Demokrat," lanjut Sohibul.

Sohibul belum dapat membicarakan soal kapan akan mendeklarasikan hal itu. Menurutnya, PKS tentu akan mendeklarasikan hal itu. Namun, untuk kapan akan dideklarasikan, menurutnya itu adalah proses internal yang akan dituntaskan PKS.

"Nah kami di PKS tentu juga terus melakukan proses internal kita dan pada waktunya kami tentu juga akan menyampaikan deklarasi sebagaimana NasDem maupun Demokrat. Masalahnya deklarasi kapan itu adalah proses internal kami jadi kami tuntaskan itu nanti pada waktunya kami akan mendeklarasikan demikian," tutup Sohibul.

Simak video 'Tim Kecil 'Koalisi Perubahan' Berkumpul, Usai Demokrat Dukung Anies Capres':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT