Ketua NasDem ke Sekjen PAN: Tak Usah Khawatir Hasil Survei Cuma 3%

ADVERTISEMENT

Ketua NasDem ke Sekjen PAN: Tak Usah Khawatir Hasil Survei Cuma 3%

Adrial Akbar - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 21:10 WIB
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. (Adrial Akbar/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengomentari hasil lembaga survei terkait partainya mendapat angka yang kecil. Tak hanya itu, Willy juga meminta Sekjen PAN Eddy Soeparno tak khawatir soal hasil survei selalu menempatkan partai mereka di angka kecil.

Hal itu disampaikan Willy di dalam diskusi peluncuran lembaga survei dari Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ). Dalam acara tersebut, hadir pula Eddy Soeparno.

"Mas Eddy nggak usah khawatir kenapa PAN dan NasDem hasil surveinya cuma 2 dan 3%," ujar Willy dalam paparannya di UMJ, Tangerang Selatan, Rabu (25/1/2023).

Menurut Willy, lembaga survei yang ada kerap menempatkan perhitungan survei dengan alat ukur yang tak sesuai. Ia menganalogikan hal tersebut dengan 'menimbang anting-anting emas dengan timbangan beras'.

"Karena surveinya itu, survei nasional khususnya, menimbang anting-anting emas dengan timbangan beras. Kenapa? Asosiasinya cuma 11%," kata dia.

Willy menuturkan hal itu adalah bagian dari kesesatan pikir dalam metodologi survei yang ada. Ia menuturkan hal ini juga tidak pernah di koreksi secara objektif.

"Terus itu mau dikaitkan, itu lah kesesatan metodelogis yang tidak pernah kita koreksi secara objektif.," kata dia.

Willy juga menyinggung pengambilan keputusan di Indonesia yang kerap mengambil sedikit sampling untuk perwakilan. Menurutnya, hal itu disayangkan dan seharusnya pengambilan keputusan harus melibatkan masyarakat secara luas.

"Pengambilan keputusan kita kalau nggak populism yang itu hanya sampling, tapi tak pernah pakai korespondensi dengan kebutuhan masa depan dengan basis sosialis kita. Ini kan harus digabung dengan korespondensi," pungkasnya.

Lihat juga video 'LSI Denny JA: Pilpres 2024 Pertarungan Legacy Jokowi dan Ingin Perubahan':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT