NasDem Bantah Ada Upaya Penjegalan Koalisi Pro-Anies

ADVERTISEMENT

NasDem Bantah Ada Upaya Penjegalan Koalisi Pro-Anies

Adrial Akbar - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 15:41 WIB
Willy Aditya
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) menyinggung isu ada upaya penjegalan Koalisi Perubahan. Partai NasDem, yang bersama Demokrat dan PKS dalam Koalisi Perubahan, membantah adanya upaya penjegalan terhadap koalisi.

"Kami sudah deklarasi Mas Anies. Kalau sudah deklarasi, berarti proses penjegalan itu terbantahkan. Poinnya adalah momentum deklarasi saja," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya kepada wartawan di UMJ, Tangerang Selatan, Rabu (25/1/2023).

Willy menegaskan komunikasi antarpartai di dalam Koalisi Perubahan berjalan baik. Koalisi tersebut masih menunggu momentum yang tepat untuk segera dideklarasikan.

"Koalisi ya jalan, komunikasi bagus, tinggal tunggu momentum kapan mau deklarasi," kata dia.

Terkait isu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang ingin jadi cawapres, Willy mewajarkan hal tersebut. Namun, kata dia, keputusan tetap harus diambil bersama dengan partai lain di Koalisi Perubahan.

"Ya ini kan equal partnership. Tentu harus bareng dan ngobrol bersama. Kalau Demokrat punya preferensi AHY, ya wajar saja. Tapi kan keputusan bersama. Itu normal dan wajar saja," imbuhnya.

Partai Demokrat sebelumnya meyakini Koalisi Perubahan, yang tengah digodok bersama Partai NasDem dan PKS, tak akan goyah dan mampu memenangi Pilpres 2024. Deputi Analisa Data dan Informasi Partai Demokrat Syahrial Nasution menyinggung soal isu reshuffle kabinet terkait salah satu anggota bakal calon koalisi.

"Koalisi Perubahan, yang diinisiasi Partai Demokrat, PKS, dan Partai NasDem, tidak akan goyah terhadap adanya upaya rongrongan dari oligarki. Termasuk dengan makin kencangnya isu reshuffle kabinet," kata Syahrial dalam keterangan tertulis, Selasa (17/1).

"Demokrat tidak mengharapkan koalisi yang dibangun hanya supaya dapat berlayar ke Pilpres 2024. Begitupun semangat yang ada pada PKS dan NasDem. Selain berlayar, juga harus menang. Tekanan-tekanan politik yang ada dan berusaha melemahkan terbentuknya koalisi tidak akan mudah menghadapi keinginan rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan," sambungnya.

Simak juga 'Kunjungan ke Bandung di Demo, Anies Ucapkan Terima Kasih Demonstran':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT