PKB Hembuskan Isu 'Langkah Serius' Jokowi, PAN Yakin Jokowi Netral

ADVERTISEMENT

PKB Hembuskan Isu 'Langkah Serius' Jokowi, PAN Yakin Jokowi Netral

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 08:22 WIB
Viva Yoga Mauladi
Viva Yoga (Ari Saputra)
Jakarta -

Berhembus isu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan melakukan langkah serius jika tak ada bakal calon presiden yang memiliki elektabilitas 30 persen. PAN yakin bahwa Jokowi akan bersikap netral pada pagelaran Pilpres 2024.

"Soal pilpres 2024, saya meyakini bahwa Pak Jokowi sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan akan bertindak netral kepada seluruh konstestan peserta pemilu legislatif dan pasangan calon presiden atau wakil presiden di pemilu 2024," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi, saat dihubungi, Senin (5/12/2022).

Menurut Viva Yoga, sudah menjadi tugas dari Presiden untuk menyelenggarakan pemilu dengan langsung, umum, bebas, dan rahasia (luber), jujur dan adil (jurdil), aman tertib, lancar berkualitas, dan berintegritas.

"Tentunya Pak Jokowi menginginkan agar sarana kedaulatan rakyat melalui pemilu dapat melahirkan pemimpin yang memiliki legitimasi konstitusional serta menjadikan proses berdemokrasi semakin baik, membawa manfaat bagi peningkatan kesejahteraan rakyat," katanya.

Melihat hal-hal tersebut, Viva Yoga yakin Jokowi tak peduli soal elektabilitas. Bagi Viva Yoga, Jokowi akan mengayomi seluruh paslon yang akan bertanding, karena secara konstitusi Jokowi tak diizinkan maju untuk periode ketiga.

"Jadi, nantinya jika elektabilitas paslon di pilpres mau 30 persen atau berapapun, asumsi saya, sikap Pak Presiden Jokowi kemungkinan akan berkata, 'Ya EGP, emang gue pikirin hehehe..'" ucapnya.

"Karena Presiden Jokowi akan mengayomi seluruh paslon yang akan berkontestasi demi menjaga ketertiban nasional dan peningkatan demokrasi di Indonesia," katanya.

Untuk diketahui, kabar Jokowi akan mengambil langkah serius diungkap Ketua DPP PKB Faisol Riza lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya @faisol8418. Dia menyatakan keyakinannya jika Jokowi akan mengambil langkah serius.

Langkah serius itu kata Faisol akan dilakukan setelah Jokowi melihat tidak ada capres yang elektabilitasnya mencapai angka stabil.

"Akan ada langkah sangat serius dari Pak Jokowi setelah melihat semua capres tidak ada yang stabil di angka survei 30%. Percayalah," demikian pernyataan Faisol tersebut.

Simak juga 'Kedekatan Jokowi-Prabowo, Sekjen Gerindra: Isyarat Lanjutkan Suksesi':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT