Tanda Tanya soal Si Biru Calon Anggota KIB Baru

ADVERTISEMENT

Tanda Tanya soal Si Biru Calon Anggota KIB Baru

Eva Safitri, Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 07:20 WIB
KIB menggelar pertemuan di Makassar, Sulawesi Selatan.
Foto: KIB menggelar pertemuan di Makassar, Sulawesi Selatan. (Xenos/detikSulsel)
Jakarta -

Anggota Koalisi Indonesia Baru (KIB) yang digagas Golkar, PAN, dan PPP bakal bertambah. Warna biru menjadi kode partai yang bakal bergabung ke KIB. Siapa kira-kira partai berwarna biru yang akan gabung?

Terkait kode warna bitu itu diungkap oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai menggelar pertemuan dengan ketua umum parpol di poros KIB, yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono. Pertemuan dibalut dengan makan malam atau dinner secara tertutup di sebuah restoran di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022). Airlangga mulanya memastikan sejauh ini para parpol di KIB masih solid.

"Oleh karena itu tahap berikutnya seperti yang disampaikan di Sulawesi Selatan, kita masih terbuka. KIB ini sedang membangun sebuah fondasi bangunan untuk membangun Indonesia, yang fondasinya kuat, dindingnya kokoh, sirkulasi udaranya bagus, dan juga kita berharap bangunannya ini akan diperkuat," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan pihaknya masih terus berkomunikasi dengan parpol calon anggota KIB. Dia lalu membocorkan warna-warna yang identik dengan parpol tersebut.

"Nah diperkuat ini tentu kita masih bicara dengan partai-partai lainnya akan bergabung, partai yang kita masih komunikasi baik," ujarnya.

Kode Warna Biru dan Putih

Airlangga lalu memberikan kode partai yang bakal gabung KIB lewat warna. Parpol pertama, kata Airlangga, identik dengan pakaian yang dipakai oleh Zulhas. Zulhas saat itu memakai setelan biru.

"Tentu, warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini," kata Airlangga seraya menoleh ke arah Zulhas yang berdiri di sebelahnya.

Sedangkan partai politik kedua identik dengan warna pakaian yang sering dipakai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warna itu, kata dia, juga ada pada bola yang sedang ditenteng Zulhas. Warna bola itu dominan putih.

"Dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai Bapak Presiden. Yang bagian dari bola itu juga," ujar Airlangga menunjuk ke bola yang dipegang Zulhas.

"Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini. Wakil Indonesia di dalam pertandingan itu adalah orang Bali namanya Made in Indonesia," imbuh Airlangga berkelakar.

Apakah Biru Itu Demokrat?

Untuk diketahui, ada tiga partai yang memiliki logo berwarna biru, yakni PAN, NasDem, dan Demokrat. PAN sudah menjadi bagian dari KIB, sedangkan NasDem sudah mendeklarasikan calon presidennya yakni Anies Baswedan. Lantas apakah Demokrat yang akan gabung ke KIB?

Hal itu pun dikonfirmasi ke Ketua Bapilu Demokrat Andi Arief. Dia menegaskan Demokrat tetap bersama koalisi perubahan yang digagas bersama PKS, dan NasDem.

"Tetap intens dengan perubahan Nasdem, PKS, Demokrat," kata Andi Arief kepada wartawan, Kamis (1/12/2022).

Andi Arief menegaskan posisi Demokrat tetap bersama Koalisi Perubahan meski sampai saat ini belum dideklarasikan. Terkait hal ini, dia menyebut partainya bersama PKS dan NasDem tidak ingin tergesa-gesa menentukan capres dan cawapres.

"Kita memilih Presiden dan wapres. Harus cermat. Tidak boleh bercanda dan gimmick. Deklarasi koalisi perubahan harap bersabar," ujarnya.

"Memilih calon ketua OSIS saja harus serius, apalagi memilih capres/cawapres," lanjutnya.

Simak juga video 'Airlangga Disebut Capres Prioritas KIB, Zulhas-Mardiono Kandidat Cawapres':

[Gambas:Video 20detik]



PAN ungkap salah satu partai yang ingin gabung ada di parlemen, simak di halaman berikut



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT