Apa Makna Kritik Keras PDIP ke Acara Relawan Jokowi? Ini Analisis Pakar

ADVERTISEMENT

Apa Makna Kritik Keras PDIP ke Acara Relawan Jokowi? Ini Analisis Pakar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 06:33 WIB
Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pemimpin memikirkan rakyat rambutnya putih merupakan bentuk dukungan Jokowi kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.
Foto: Kenny Gida
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) melontarkan kritik tajam terhadap acara relawan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta yang mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebagai sesama pendukung Jokowi, mengapa PDIP 'menyerang' relawan Jokowi?

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, menilai PDIP geram dengan acara relawan di GBK itu. Salah satu penyebabnya yaitu acara relawan kerap memberi panggung bagi Jokowi untuk menyampaikan sinyal dukungan Capres 2024.

"Sepertinya PDIP geram dengan ulah relawan yang kerap dihadiri Jokowi dan terkesan selalu mengendorse calon tertentu, Ganjar (Gubernur Ganjar Pranowo) misalnya. Dan di acara relawan, Jokowi kerap bicara Pilpres 2024. Apapun judulnya PDIP adalah partainya Jokowi. Urusan pilpres tentu urusan Megawati, bukan urusan relawan dan yang lainnya," kata Adi kepada wartawan, Minggu (27/11/2022).

Menurut Adi, ada kemungkinan PDIP ingin menyerang istana atau orang dekat Jokowi. Namun, tak mungkin dilakukan secara terang-terangan.

"Mungkin juga yang ingin disasar elite PDIP ini istana langsung, tapi serangannya melalui relawan. Karena tentu tak elok jika PDIP serang istana secara terbuka. Relawan itu adalah replika politik Jokowi. Kegiatan mereka pasti melalui konsultasi dengan presiden," papar Adi.

Peneliti dari UIN Syarif Hidayatullah itu menilai forum relawan menjadi tempat Jokowi bicara soal Pilpres tanpa beban.

"Publik juga tahu forum relawan tempat Jokowi untuk bicara Pilpres dan subjektivitas dukungan politiknya. Termasuk kode keras dan endorsement itu. Karena Jokowi bukan ketum partai, hanya di forum relawan lah Jokowi bisa bicara apapun soal 2024," ujar Adi.

Pandangan lain disampaikan Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam. Umam berpendapat acara di GBK kemarin adalah strategi politik dari lingkaran Jokowi. Menurutnya, hal tersebut bisa dilihat dari Jokowi yang hadir di acara, dan seolah-olah merestui dan mendukung manuver politik.

"Bahkan, Jokowi menyampaikan pesan simbolik yang terlalu vulgar terkait dukungannya pada Ganjar meskipun ia berusaha kaburkan dengan istilah Capres 'berambut putih.' Artinya, acara konsolidasi relawan di GBK kemarin merupakan operasi politik lanjutan pasca pendeklarasian Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang konon juga diorkestrasi oleh Jokowi untuk memuluskan jalan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 mendatang," kata Umam dalam kesempatan terpisah.

Bagi Umam, lingkaran Jokowi seperti berkonflik dengan PDIP. Diketahui, PDIP menyampaikan bahwa masalah capres ditentukan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Kendati demikian, manuver lingkaran Jokowi ini seolah menantang pesan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas PDIP pada Juni lalu. Tampak jelas ada inkonsistensi di sana. Sebab, Megawati telah memperingatkan dan melarang secara keras para kadernya untuk bermanuver terkait Pencapresan 2024. Bahkan barisan Dewan Kolonel yang tak lain adalah para pendukung Puan Maharani, yang notabene anak biologis dan anak ideologis Megawati sendiri, telah ditertibkan secara tegas," ucap Umam.

Dalam pandangan Umam, konsolidasi relawan Jokowi, dan pesan capres 'berambut putih' di GBK merupakan langkah yang melewati batas.

"Karena itu, konsolidasi Relawan Jokowi dan pesan Capres 'berambut putih' di GBK kemarin itu merupakan langkah 'off-side' yang seolah tidak memperdulikan pesan amanat Megawati di Rakernas PDIP sebelumnya. Melalui kerumunan massa itu, Jokowi seolah ingin menunjukkan dirinya punya pengaruh dan kekuatan jaringan yang tidak kalah mapan dan mengakar dibanding PDIP," ucap Umam.

Lihat juga video 'Politikus PDIP Kritisi Acara Relawan Jokowi di GBK: Manuver Politik':

[Gambas:Video 20detik]

PDIP sentil relawan. Simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT