Tokoh Dikode Jokowi Jangan Kegeeran, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Tokoh Dikode Jokowi Jangan Kegeeran, Ini Alasannya

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 27 Nov 2022 13:20 WIB
Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pemimpin memikirkan rakyat rambutnya putih merupakan bentuk dukungan Jokowi kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.
Presiden Jokowi saat di acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11). (Foto: Kenny Gida)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belakangan ini disebut-sebut sedang menunjukkan dukungan atau endorse kepada sosok-sosok potensial calon presiden (capres) 2024. Terbaru, Jokowi berbicara soal 'pemimpin rambut putih' yang ditengarai diarahkan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro, menyoroti geliat Jokowi dalam menunjukkan endorse-nya. Dia mulanya mengungkit pernyataan Jokowi yang terang-terangan menyebut pilpres 2024 bisa jadi jatahnya Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Presiden Joko Widodo dalam tiga bulan terakhir sedang giat dalam mengobral dukungan endorsement politik terhadap para bakal calon presiden," kata Bawono, Minggu (27/11/2022).

"Sebelum ini, dalam kesempatan hari ulang tahun Partai Perindo, Presiden Joko Widodo mengatakan jatah kursi presiden dalam pemilihan presiden mendatang mungkin menjadi milik Prabowo Subianto," imbuhnya.

Bawono menilai pernyataan Jokowi itu menunjukkan sang presiden belum menetapkan arah dukungannya.

"Sikap Presiden seolah mengobral dukungan itu menujukkan memang mantan wali kota Surakarta tersebut belum memiliki sikap tetap dalam hal memberikan dukungan terhadap seorang bakal calon presiden," kata dia.

Dengan demikian, Bawono mengingatkan sosok yang lekat di-endorse Jokowi agar tak merasa gede rasa atau geer. Dia pun menyinggung hasil survei Litbang Kompas bahwa hanya 15,1% responden yang bakal memilih capres dukungan Jokowi.

"Karena itu para bakal calon presiden tidak perlu merasa gede rasa apabila Presiden melontarkan sikap seolah-olah tengah mendukung memberikan sokongan politik," kata Bawono.

"Lagipula menurut temuan survei Litbang Kompas cuma 15,1% saja responden mengatakan akan mendukung calon presiden pilihan Joko Widodo," lanjutnya.

Kode Endorse Terbaru Jokowi

Jokowi baru-baru ini kembali membicarakan soal sosok pemimpin nasional selanjutnya. Jokowi menyampaikan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat, salah satunya soal rambut putih.

"Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada. Ada itu," kata Jokowi dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11).

Jokowi juga meminta relawan untuk hati-hati memilih pemimpin yang berwajah 'cling'. Jika pemimpin tak ada kerutan di wajah, Jokowi meminta relawan hati-hati.

"Saya ulang. Jadi, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya kalau putih semua 'wah mikir rakyat ini'," katanya.

Simak selengkapnya di halaman berikut.

Simak juga Video: Ganjar Pamer Berambut Hitam di Tengah Riuh 'Pemimpin Rambut Putih'

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT