Bolak-balik Jokowi Dukung Prabowo dan Ganjar via Kode Politik

ADVERTISEMENT

Bolak-balik Jokowi Dukung Prabowo dan Ganjar via Kode Politik

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Nov 2022 06:03 WIB
Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto (dok detikcom)
Foto: Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto (dok detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bolak-balik memberikan kode dukungan terkait Pilpres 2024. Kode Jokowi dinilai untuk Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Berdasarkan catatan detikcom, kode Jokowi kepada Prabowo saat memberi sambutan di HUT Partai Perindo. Dimana dalam kesempatan ini Jokowi menyinggung terkait 'Jatah Prabowo' dalam Pilpres mendatang.

Sementara itu, terbaru Jokowi memberikan kode untuk Ganjar Pranowo saat bertemu dengan relawan Gerakan Nusantara Bersatu. Kode ini disampaikan dengan kalimat 'Rambut Putih' dan 'Kerutan' saat menyampaikan penampilan sosok pemimpin.

Jatah Prabowo

Jokowi mengatakan setelah ini kemungkinan Pilpres 2024 jatahnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang merupakan rivalnya di dua pilpres sebelumnya. Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan di acara HUT Perindo di iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin (7/11).

"Saya ini dua kali wali kota di Solo menang, kemudian ditarik ke Jakarta, gubernur sekali menang," kata Jokowi.

Jokowi diusung untuk maju pilpres dan dua kali berhasil memenangkan kontestasi politik tersebut. Dia lalu meminta maaf kepada Prabowo Subianto sambil menyinggung jatah selanjutnya merupakan jatah Prabowo.

"Kemudian dua kali di pemilu presiden juga menang. Mohon maaf, Pak Prabowo," ujar Jokowi.

"Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo," sambung Jokowi.

Jokowi mempersilakan pernyataannya itu diartikan sebagai sebuah sinyal dukungan ke Prabowo Subianto. "Ya diartikan sinyal ya boleh tapi kan saya ngomong juga nggak apa-apa," kata Jokowi.

Simak halaman selanjutnya

Lihat Video: Soal 'Pemimpin Rambut Putih', Pengamat Ini Soroti Hubungan Jokowi-PDIP

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT