Jokowi di Munas HIPMI: Saya Titip Capres-Cawapres di Sini, Politik Tetap Adem

ADVERTISEMENT

Jokowi di Munas HIPMI: Saya Titip Capres-Cawapres di Sini, Politik Tetap Adem

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 11:26 WIB
Jokowi
)Jokowi (Foto: YouTube Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan kepada calon presiden dan calon wakil presiden yang hadir di Musyawarah Nasional ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Solo. Jokowi berpesan agar para capres dan cawapres menjaga situasi tetap aman.

"Kemudian yang kedua yang berkaitan dengan politik, saya hanya titip pada calon-calon presiden calon-calon wakil presiden yang juga hadir di sini," kata Jokowi di Munas HIPMI seperti disiarkan akun YouTube Setpres, Senin (21/11/2022).

Jokowi mengatakan nama-nama capres dan cawapres itu sudah diungkap oleh Menteri investasi Bahlil Lahadalia. Dia tidak akan mengulangnya lagi.

"Saya tidak mau sebut siapa, tapi tadi secara blak-blakan menteri investasi sudah sampaikan, jadi saya nggak usah mengulang," imbuh Jokowi.

Jokowi berharap kondusivitas tetap dijaga. Jokowi tidak ingin situasi politik terlalu panas.

"Saya titip dalam kondisi dunia yang sangat rentan seperti ini kita harus semua menjaga agar kondusivitas situasi politik itu tetap adem kalau bisa kalau bisa nggak paling banter ya anget tapi jangan panas," ujar Jokowi.

Hadir dalam acara itu Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hingga Wali Kota Medan yang juga kader HIPMI Bobby Nasution.

Sebelumnya, Menteri Investasi sekaligus Ketua Dewan Pembina HIPMI, Bahlil Lahadalia, menyebut sejumlah nama saat menyampaikan sambutan di Munas HIPMI. Dua diantaranya yaitu ubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani.

"Tapi tadi pak, saya lihat Pak Ganjar sama Mbak Puan jalan berbarengan menjemput Mbak Puan. Insyaallah kalau saya tidak salah satu mobil pak, saya bilang kemesraan ini janganlah cepat berlalu," kata Bahlil Musyawarah Nasional ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Solo seperti ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden. Pernyataan Bahlil itu sontak disambut tawa undangan yang hadir.

Bahlil juga menyapa Menteri BUMN Erick Thohir. Bahlil menyebut Erick masih mempunyai harapan untuk menjadi cawapres.

"Ya Pak Erick ini juga capres, atau cawapres Pak Erick ? Cuman partainya masih so so lah kira-kira begitu. Tapi saya lihat ada secercah harapan lah begitu ke sana. Kita berikan applause kepada Bang Erick," ujar Bahlil.

Bahlil juga menyinggung Menparekraf Sandiaga Uno yang tidak hadir dalam pembukaan Munas HIPMI. Bahlil berkelakar Sandiaga takut popularitasnya jatuh karena Erick.

"Pak Erick ini Pak Presiden, Ketua BPP HIPMI di zaman Pak Sandi. Hari ini mungkin Pak Sandi ndak datang karena takut popularitasnya jatuh dari Pak Erick," kata Bahlil disambut tawa hadirin.

(knv/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT