Golkar Yakin Airlangga Capres KIB, PPP Masih Buka Peluang Figur Eksternal

ADVERTISEMENT

Golkar Yakin Airlangga Capres KIB, PPP Masih Buka Peluang Figur Eksternal

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 11:18 WIB
Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani
Arsul Sani (Foto: Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Partai Golkar meyakini Ketua Umum (Ketum) Airlangga Hartarto akan menjadi capres yang diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas bersama PPP dan PAN. PPP menyebut kandidat capres dari KIB masih dalam pertimbangan.

"Dalam silatnas KIB di Makassar dua minggu lalu, Plt Ketum PPP dan Ketum PAN menyisipkan pesan bahwa KIB akan mempertimbangkan juga kader-kader partai dari KIB sebagai paslon Pilpres. Ini artinya ketiga partai KIB terbuka mempertimbangkan sosok internal termasuk Pak AH (Airlangga Hartarto) sebagai Ketum Partai Golkar," kata Waketum PPP Arsul Sani kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Arsul mengatakan pembicaraan soal capres di KIB akan dimulai setelah peluncuran program PATEN KIB. Soal figur, Arsul mengatakan pihaknya juga tak menutup pintu bagi kalangan eksternal koalisi.

"Inilah yang pada bulan-bulan mendatang setelah peluncuran PATEN KIB akan mulai dimusyawarahkan. Namun ini tidak berarti bahwa KIB menutup sosok-sosok yang berasal dari luar KIB," imbuhnya.

Lebih lanjut, Arsul mengatakan parpol anggota KIB akan mulai masuk pada pembicaraan soal kriteria paslon dalam beberapa waktu ke depan. Pihaknya tidak ingin terburu-buru dalam membahas capres.

"Jadi agenda KIB ke depan memang secara tertutup tentunya mulai bicara tentang kriteria paslon dan lain-lain. Tentu tidak perlu juga terburu-buru dan pakai target kapan kesepakatan itu diharapkan karena pendaftaran paslon toh masih lebih dari 10 bulan lagi," kata Wakil Ketua MPR itu.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily berbicara soal penentuan capres di KIB yang bakal berlangsung selama dua bulan ke depan. Ace meyakini Airlangga-lah yang nantinya dipilih menjadi capres KIB.

"Jadi, Partai Golkar sangat yakin bahwa memang Pak Airlangga Hartarto merupakan figur yang tepat yang akan diusulkan sebagai calon presiden oleh KIB karena kemampuan teknokrasi dan kemampuan diplomasi ekonomi internasionalnya yang dibutuhkan bangsa," ujar Ace, Sabtu (19/11).

Ace yakin Zulhas dapat melihat kinerja Airlangga sebagai Menko Perekonomian. Menurut Ace, Airlangga kerap mendampingi Presiden Jokowi dalam berbagai pertemuan multilateral.

(fca/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT