Gerindra Dukung Perppu Pemilu Atur Nomor Urut Parpol Tak Diubah

ADVERTISEMENT

Gerindra Dukung Perppu Pemilu Atur Nomor Urut Parpol Tak Diubah

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 13:04 WIB
Jakarta -

Usulan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait nomor urut partai politik di Pemilu 2024 tidak diganti bakal terealisasi dalam Pemerintah Pengganti Undang-undang tentang Pemilihan Umum (Perppu Pemilu). Partai Gerindra mendukung hal itu karena dinilai akan memudahkan sosialisasi.

"Ada banyak pertimbangan. Namun karena ini sudah disepakati ya. Dalam hal ini Gerindra juga menganggap bahwa penentuan nomor urut itu adalah hal yang dari sekarang ini bisa memudahkan kita melakukan sosialisasi, maupun melakukan persiapan-persiapan atribut dan lain-lain," kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/11/2022).

Meski demikian, Dasco menegaskan akan mengikuti keputusan dari mayoritas fraksi di DPR. Setelah resmi diputuskan, dia memastikan bakal langsung melakukan sosialisasi menjelang kontestasi Pemilu 2024.

"Nah saya pikir untuk nomor urut parpol sudah ada kesepakatan di DPR itu, tentang hal itu. Dan kami dari Gerindra, tentunya memiliki kesepakatan dan tentunya kalo itu nanti diputuskan kita bisa langsung lakukan sosialisasi dalam menghadapi pemilu legislatif di 2024," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menyampaikan perkembangan terkait Perppu Pemilu menampung soal usulan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2019 tidak diubah di Pemilu 2024. Doli menyebut pemerintah, KPU, dan parpol tidak keberatan dengan usulan tersebut.

"Nah yang terakhir soal nomor urut. Nah ini ada aspirasi waktu itu berkembang dan kemudian kita diskusikan. Nah alhamdulillah dalam diskusi itu pemerintah tak keberatan, KPU juga tak keberatan, fraksi-fraksi juga cuma satu yang waktu itu minta dipertimbangkan," kata Doli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/11).

Doli menyebut seluruh partai-partai di DPR setuju dengan usulan tersebut. Nantinya nomor urut parpol yang lolos di Pemilu 2019 akan tetap, sedangkan yang lain akan kembali diundi.

"Tetapi akhirnya kita sepakat bahwa partai-partai yang kemarin lolos di Pemilu 2019, itu nomor urutnya tetap, dan yang lain nanti akan diundi," ucapnya.

(fca/fca)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT