Jenderal Purnawirawan Ini Ungkap Alasan Pilih Gabung PDIP Jelang Pemilu 2024

ADVERTISEMENT

Jenderal Purnawirawan Ini Ungkap Alasan Pilih Gabung PDIP Jelang Pemilu 2024

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 30 Okt 2022 15:26 WIB
Mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito
Mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito resmi menjadi kader PDIP. Ganip menjelaskan alasan bergabung ke PDIP karena ingin melanjutkan perjuangannya sebagai TNI demi bangsa dan negara.

"Pertama kenapa saya bergabung dengan PDIP, karena yang saya pahami saya masih memiliki kemampuan berpikir, memiliki tenaga, memiliki keinginan untuk terus melanjutkan perjuangan saya dulu sebagai TNI dan sekarang mantan TNI, untuk berjuang demi rakyat bangsa dan negara," kata Ganip di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (30/10/2022).

Ganip melihat PDIP memiliki idealisme, ideologi dan nasionalisme cocok dengan dirinya. Ganip juga mengungkapkan kalau dia masih ingin berjuang bagi rakyat dengan masuk sebagai anggota legislatif di DPR RI.

"Ya saya mendapatkan tugas dari DPP untuk mengikuti seleksi pencalonan anggota DPR RI. Rencananya demikian, kalau ditanya dari dapil mana, saya sendiri masih belum tahu karena menunggu dari arahan partai," kata Ganip.

Dia mengaku siap ditugaskan di manapun oleh partai. Apalagi jika dapat perintah khusus dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya dimana aja siap. Karena selama ini saya mempunyai keinginan berjuang untuk masyarakat untuk rakyat bangsa dan negara," ucap Ganip.

"Dulu melalui TNI (berjuang) sekarang menyalonkan melalui PDIP. Karena kita mengenal semua parpol di Indonesia secara nasionalkan sudah diverifikasi oleh KPU yang sekarang ada berapa yang lolos. Secara legal, konstitusional kita memasuki parpol manapun itu menjadi hak setiap warga negara," sambungnya.

Diketahui ada lima orang purnawirawan TNI dan satu orang purnawirawan Polri yang baru bergabung menjadi kader PDIP. Kelima orang tersebut adalah Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito, Laksmana Madya TNI (Purn) Agus Setiadji, Mayjen TNI (Purn) Gunawan Pakki, Mayjen TNI (Purn) Saud Tamba Tua dan Brigjen TNI (Purn) Donar Philip.

Sementara, Purnawirawan Polri yang bergabung menjadi kader PDIP yakni Irjen (Purn) H. Fakhrizal. Dia merupakan eks Kapolda Kalimantan Tengah dan Sumatera Barat.

Selain itu, ada seorang atlet wanita yang dijadikan kader oleh PDIP. Dia adalah Yayuk Basuki yang merupakan eks atlet tenis lapangan.

Simak Video 'Sanksi PDIP untuk Ganjar-Pendukung Puan Gegara Copras-capres':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT