Ragam Sikap Partai KIB 'Bukan Sekoci' Usai Ganjar Nyatakan Siap Nyapres

ADVERTISEMENT

Ragam Sikap Partai KIB 'Bukan Sekoci' Usai Ganjar Nyatakan Siap Nyapres

Firda Cynthia Anggrainy, Kanavino Ahmad Rizqo, Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 20 Okt 2022 11:54 WIB
Golkar, PAN, dan PPP sudah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 di KPU. Usai pendaftaran, ketiga Ketum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu saling bergandengan.
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah menyatakan siap jika menjadi calon presiden (capres) 2024. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dinyatakan bukan sekoci capres tertentu, merespons. Sikap anggota mereka, yaitu Golkar, PAN, dan PPP, beragam.

Ganjar menyatakan siap menjadi calon presiden jika itu untuk bangsa dan negara. Hal tersebut disampaikannya dalam sebuah wawancara yang dilakukan stasiun TV swasta. "Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," kata Ganjar dikutip, Selasa (18/10).

Ganjar menjelaskan semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi presiden. Pasalnya, Ganjar menyebut setiap partai pasti memilih anak-anak bangsa terbaik yang bisa memimpin Indonesia ke depan.

Dalam hal ini Ganjar menekankan pentingnya etika politik saat bernaung di suatu partai. Di samping itu, kata Ganjar, suara rakyat juga menjadi pertimbangan partai dalam menentukan calon pemimpin bangsa. Ganjar memilih memberikan kesempatan kepada partai untuk berdialog dan berkomunikasi untuk menentukan capres yang akan diusung.

"Realitas survei yang memang itu ada. Maka biarkanlah kita kasih kesempatan kepada partai yang menentukan untuk mereka berdialog, mereka berkomunikasi, untuk mengambil yang terbaik. Simpel kan," imbuhnya.

KIB sempat dikait-kaitkan dengan pencapresan Ganjar. Sebelum Ganjar menyatakan siap jika menjadi capres, Plt Ketua Umum PPP Mardiono menegaskan KIB bukan sekoci capres tertentu. Lalu, beginilah sikap KIB setelah Ganjar menyatakan kesiapannya jika ditunjuk menjadi capres.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto terlihat kompak naik ojol saat hadiri acara di Klaten.Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto terlihat kompak naik ojol saat hadiri acara di Klaten. (Achmad Syauqi/detikcom)

Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bakal membahas kesiapan Ganjar Pranowo maju sebagai capres 2024. Pada pekan ini, Partai Golkar diketahui sedang disibukkan dengan rangkaian acara HUT Golkar.

"Ya nanti kita bahas dalam periode tertentu," kata Airlangga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (19/10). Namun Airlangga tak menjelaskan lebih lanjut pernyataannya itu. Airlangga kemudian berbicara tentang HUT Golkar.

Sementara itu, Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus menegaskan posisi Airlangga Hartarto sebagai capres. Lodewijk mengatakan Partai Golkar tidak dalam posisi menolak jika partai lain yang tergabung dalam KIB akan mencalonkan Ganjar. Namun, dia menegaskan dalam keputusan rapat pimpinan nasional beberapa tahun lalu, Golkar akan mencalonkan Airlangga.

"Saya tidak katakan menolak. Tapi Golkar mencalonkan Airlangga sebagai presiden. Itu keputusan munas (musyawarah nasional) 2019 dan keputusan rapimnas 2021. Keputusan paling tinggi Partai Golkar ada di munas. Baru diperkuat di rapimnas," katanya.

Simak juga 'PPP NTT Deklarasikan Ganjar Pranowo Jadi Capres':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT