Waketum PBB: Takdir Pencapresan Ganjar Hanya Tunggu Restu Megawati

ADVERTISEMENT

Waketum PBB: Takdir Pencapresan Ganjar Hanya Tunggu Restu Megawati

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 20 Okt 2022 11:01 WIB
Dubes RI untuk Panama merangkap Honduras-Kosta Rika-Nikaragua, Sukmo Harsono (Dok. Sukmo Harsono).
Sukmo Harsono (Dok. Sukmo Harsono).
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan siap menjadi capres di Pilpres 2024. Waketum PBB non aktif Sukmo Harsono menilai pencalonan Ganjar hanya soal waktu kehendak Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

"Ganjar siap menjadi RI 1. Jika tidak ada rintangan dan tanpa mendahului takdir serta kedalaman mata batin Ibu Megawati maka peluang Ganjar Pranowo untuk menggantikan Pak Jokowi hanyalah soal waktu," kata Sukmo dalam keterangan tertulis, Kamis (20/10/2022).

Dubes RI untuk Panama ini menganggap pernyataan kesiapan Ganjar ini menjadi yang paling tegas dilontarkan. Dia menyinggung tingkat elektabilitas Ganjar yang selama ini acapkali berada di puncak papan survei.

"Terbaru pernyataan tegas Ganjar siap menjadi capres jika ditugaskan partai. Sebagai kader dirinya siap menerima tugas. Adalah statement yang paling tegas setelah sekian lama namanya terus nangkring di posisi satu semua lembaga survei," ujarnya.

Sukmo lalu berkilas balik pada momen penentuan capres oleh PDIP pada kontestasi Pilpres 2014 silam. Menurutnya, hanya Megawati yang paling mengetahui siapa figur yang dinilai cocok menjadi suksesor Presiden Jokowi.

"Peristiwa ini akan mengulang tahun 2014. Hanya Ketum PDIP Ibu Megawati-lah yang paling tahu siapa kader partai PDIP yang akan menerima tugas sebagai capres," katanya.

Namun dia meyakini pernyataan mengejutkan Ganjar itu memantik dukungan yang lebih masif ke depannya. "Saya yakin pernyataan terbaru Ganjar ini akan memicu gelombang deklarasi lebih masif di hari hari ke depan baik oleh para relawan ataupun kader partai lain, selain PDIP," kata dia.

Dukungan itu, kata Sukmo, tak menutup kemungkinan juga bakal datang dari parpol-parpol di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Golkar, PAN, PPP, juga dari parpol-parpol non-parlemen. Sukmo mengatakan, saat ini, takdir pencapresan Ganjar hanya soal restu Megawati.

Simak juga 'Survei LSI Denny JA: Duet Ganjar-Airlangga Teratas di Pilpres 2024':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT