Siapa Desak Jokowi Keluarkan NasDem dari Koalisi?

ADVERTISEMENT

Siapa Desak Jokowi Keluarkan NasDem dari Koalisi?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 19 Okt 2022 08:48 WIB
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut ada pihak yang meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengeluarkan NasDem dari koalisi. Siapa pihak yang dimaksud Surya Paloh tersebut?

"Sepertinya Surya Paloh merespons balik pernyataan Hasto (Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto) beberapa waktu lalu yang menyebut biru lepas dari kabinet. Publik meyakini bahwa yang disebut biru oleh Hasto secara semantik merujuk pada NasDem gara-gara dukung Anies dianggap keluar barisan pemerintah," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada wartawan, Selasa (18/10/2022).

Dia mengatakan NasDem dinilai sudah tak sejalan dengan pemerintah karena usung Anies Baswedan. Apalagi salah satu politikus NasDem bicara soal Anies sebagai antitesa Jokowi.

"Padahal dari segi loyalitas dan totalitas, NasDem sampai saat ini cukup patuh dengan Jokowi. Tak pernah sedikitpun protes apalagi merongrong dari dalam," ujar Adi.

Dia mengatakan manuver NasDem mengusung Anies untuk Pilpres 2024 membuat hubungan dengan partai-partai di koalisi pemerintah memanas. Terutama, katanya, dengan kader-kader dan petinggi PDIP yang sering terlibat silat lidah.

"Sejak Hasto menyindir biru lepas dari kabinet lalu muncul spekulasi liar soal desakan reshuffle kabinet yang mengarah pada zigzag politik NasDem soal 2024," ucapnya.

"Tapi NasDem membela diri soal reshuffle urusan presiden, bukan urusan yang lain. NasDem juga mengklaim sampai saat ini sangat loyal dengan Jokowi. Bagi NasDem, pihak-pihak yang bicara reshuffle atau biru lepas dari kabinet sangat berdasar," imbuhnya.

Surya Paloh sebelumnya mengungkapkan ada pihak yang meminta kepada Presiden Jokowi untuk mengeluarkan NasDem dari koalisi. Paloh menyebut hal itu merupakan suatu tantangan yang perlu dihadapi.

Simak Video: Didesak Keluar Koalisi, NasDem: Sahabat Sejatinya Pemerintahan Jokowi

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT