NasDem Deklarasi Capres Hari Ini, Demokrat Menanti Pembicaraan Koalisi

ADVERTISEMENT

NasDem Deklarasi Capres Hari Ini, Demokrat Menanti Pembicaraan Koalisi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 08:38 WIB
Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief.
Foto: Andi Arief. (Foto: Dok. demokrat.or.id)
Jakarta -

Partai Demokrat menyambut baik rencana deklarasi calon presiden yang akan disampaikan NasDem hari ini. Demokrat menilai NasDem pasti memiliki alasan tertentu untuk mendeklarasikan capres hari ini.

"Kami menyambut baik deklarasi yang dilakukan oleh NasDem, tentu bukan tempatnya bagi kami untuk berkomentar lebih jauh, karena menurut kami memang NasDem kan sudah memutuskan dalam rapimnasnya bahwa ada tiga calon yaitu Anies, Ganjar dan Andika. Jadi ini mungkin dalam rangka memfinalisasi Rapimnas itu," kata Ketua Bappilu Demokrat, Andi Arief kepada detikcom, Senin (3/10/2022).

Andi Arief menuturkan pihaknya sendiri masih menunggu keputusan dari majelis tinggi terkait penentuan capres. Andi berharap NasDem bisa menyampaikan alasan mendeklarasikan capres hari ini.

"Atau ada alasan-alasan lain yang belum dijelaskan. Mungkin kita bisa mendengar alasan dari NasDem untuk mempercepat pengumuman itu. Bagi Partai Demokrat ini kita sekali lagi menyambut baik dan apa sikap kita, kita menunggu juga keputusan dari majelis tinggi Partai ada beberapa pilihan tentunya yang menyangkut kedaulatan kami Partai Demokrat, dan juga upaya koalisi yang dibangun," ujarnya.

Lebih lanjut, Andi Arief juga berharap keputusan penentuan capres yang disampaikan NasDem nantinya bisa berdampak positif. Namun demikian, Andi Arief menyebut pihak Demokrat masih menantikan jawaban NasDem soal koalisi capres.

"Kita berharap tentu keputusan yang diambil sama-sama positif nanti ke depan. Partai Demokrat tidak dalam keberatan apalagi ini menyangkut kedaulatan Partai NasDem. Karena NasDem punya tanggung jawab terhadap konstituennya untuk mengumumkan hasil rapimnas itu," ucap Andi Arief.

"Partai Demokrat tentu berharap pembicaraan ke depan masih tetap dalam koalisi. Maksudnya pembicaraan-pembicaraan finalisasi koalisi masih harus dilakukan, entah dalam waktu dekat, atau kita belum tahu ini masih nunggu keputusan Majelis Tinggi Partai," lanjutnya.

NasDem Deklarasi Capres Hari Ini

Seperti diketahui, Partai NasDem akan mengumumkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (Capres) yang mereka usung. Pengumuman dilakukan di NasDem Tower hari ini.

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni menyampaikan soal rencana pengumuman tersebut. Namun, Sahroni belum memastikan apakah Ketua Umum Surya Paloh yang akan mengumumkan langsung pencapresan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Benar sekali," kata Sahroni saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (2/10). Sahroni ditanya apakah benar NasDem akan mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres di Nasdem Tower besok.

"Nah liat besok ya," imbuh dia saat ditanya apakah Surya Paloh yang akan mengumumkan Anies capres dan apakah sekaligus mengumumkan koalisi.

(dek/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT