Majelis Warga Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres 2024

ADVERTISEMENT

Majelis Warga Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres 2024

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 02 Okt 2022 21:44 WIB
vMajelis Rakyat deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan sebagai capres 202
Foto: Majelis Warga deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan sebagai capres 2024 (Dwi Rahmawati/detik)
Jakarta -

Sekelompok orang yang menamakan diri sebagai Majelis Warga mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon Presiden 2024. Pembacaan deklarasi tersebut disampaikan perwakilan Majelis Warga secara langsung.

Perwakilan Majelis Warga asal Jawa Tengah Azmi Majid mengatakan deklarasi tersebut untuk mendorong partai politik segera mengumumkan pencalonannya. Azmi menyebut ada 3 partai politik yang beri sinyal mendukung Anies menjadi calon presiden (Capres) 2024.

"Mudah-mudahan dengan kesiapan dari 'Majelis Warga' Rakyat Indonesia ini mendorong partai politik untuk segera (mengumumkan). Ada 3 (kandidat kuat) PKS, Nasdem dan Demokrat yang ada sinyal untuk segera mendeklarasikan," kata Azmi dalam sambutannya di acara 'Deklarasi Calon Presiden Rakyat', Grand Cemara Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2022).

Azmi kemudian memimpin pembacaan deklarasi Anies jadi calon presiden 2024. Pernyataan Azmi juga diikuti oleh peserta yang lain.

"Rakyat berhak untuk menyatakan pilihannya, dan adalah suatu keharusan demokrasi di mana calon pilihan rakyat mendapatkan ruang kesempatan untuk
menjadi bahan pertimbangan utama bagi partai politik dalam menjalankan mandat konstitusionalnya," bunyi deklarasi yang disampaikan Azmi Majid.

"Bahwa setelah proses panjang pengumpulan aspirasi rakyat, Majelis Warga, dengan ini menyatakan Anies Rasyid Baswedan, Ph.D., merupakan calon presiden rakyat yakni kandidat yang diharapkan rakyat untuk memimpin perubahan guna mengakselerasi
perwujudan cita-cita kemerdekaan," katanya.

Dalam pembacaan deklarasi, ia menegaskan jika bakal memberikan dukungan kepada partai politik yang mendukung Anies sebagai calon presiden. Pihaknya memastikan pilihan tersebut untuk kepentingan rakyat.

"Juga akan memberikan dukungan kepada partai-partai pengusung, agar terbangun suatu formasi perubahan yang akan memastikan diwujudkannya apa yang menjadi kepentingan rakyat, bangsa dan negara," tandasnya.

(dek/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT