Menerka Langkah Politik Ridwan Kamil yang Bakal Gabung Parpol Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Menerka Langkah Politik Ridwan Kamil yang Bakal Gabung Parpol Tahun Ini

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 06:56 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Indramayu
Foto: Sudedi Rasmadi/detikJabar
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau RK menyatakan akan bergabung dengan partai politik (parpol) tahun ini. Apa yang ingin dicapai Ridwan Kamil usai menjadi kader partai politik?

"Ada dua hal langkah RK masuk partai, pertama memang tentu ingin mencari peramu politik 2024 itu target ideal utama dan target manis yang secara nasional diperhitungkan oleh RK," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno saat dihubungi, Kamis 929/9/2022).

Adi menilai rencana Ridwan Kamil masuk parpol untuk mencari backup politik. Terlebih jika Ridwan kamil ingin maju lagi sebagai gubernur Jabar.

"Jika pun itu tidak tercapai, ada target kedua untuk kepentingan 2024, RK juga harus punya bauran politik back up politik secara signifikan terutama kalau ingin maju kembali 2024 sebagai gubernur Jabar, tentu RK butuh back up politik yang cukup signifikan. Apalagi Golkar kan merupakan salah satu partai politik yang cukup kuat dan solid sejak dipimpin Airlangga," ujarnya.

Menurut Adi, Airlangga tidak ingin mencalonkan orang di luar partainya untuk maju dalam pilkada mendatang. Adi memandang partai Golkar bisa membackup Ridwan Kamil dalam pilkada 2024 nanti.

"Itu artinya untuk 2024 apa, Airlangga nggak mau menjadi pemain bebas yang tanpa partai politik. Dua hal itu saya kira ditarget RK, kalau nggak realistis nggak maju Pilpres, nggak dapat tiket, ya pasti ada skenario kedua. Ada partai terutama partai besar seperti Golkar yang bisa membackup, menjadi identitas partai yang dimiliki oleh RK untuk the next karir politiknya di 2024," jelasnya.

Ridwan Kamil Bakal Gabung Parpol

Ridwan Kamil merespons rumor mengenai pilihan partai politiknya menjelang 2024. Ridwan Kamil memastikan akan mengumumkan parpol pilihannya itu pada tahun ini.

Ridwan Kamil awalnya berbicara soal dinamika yang dialaminya. Ia belum mau mengatakan secara detail mengenai partai politik pilihannya itu, termasuk rumor dia akan berseragam Partai Golkar.

"Ya nanti dikabari lah. Ini kan dinamikanya banyak sekali," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu saat ditemui wartawan di gedung DPRD Jabar, Bandung, seperti dilansir detikJabar, Kamis (29/9/2022).

Kang Emil mengaku semalam bertemu dengan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) sekaligus Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Kosgoro 1957 Agung Laksono. Lewat pertemuan itu, Kang Emil mengaku banyak mendapat nasihat dari Agung Laksono.

"Saya dikasih nasihat supaya fokus berprestasi dalam dalam pembangunan. Kalau karier politik mah nanti katanya menyesuaikan dengan prestasi yang ditampilkan," ujarnya.

Kang Emil kemudian berbicara soal pilihan partai politiknya nanti. Ia hanya menyatakan tahun ini bakal mengumumkan parpol mana yang akan menjadi tempatnya berlabuh.

"Pasti tahun ini," kata dia singkat seraya meninggalkan gedung DPRD Jabar.

Simak Video 'Beredar Kabar RK Bakal Gabung Golkar, NasDem Singgung Komitmen':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT