ADVERTISEMENT

Demokrat Ngaku Makin Nyambung dengan NasDem dan PKS, Kapan Koalisi?

Wildan Noviansyah - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 15:34 WIB
Herzaky Mahendra Putra (Dok. Demokrat).
Foto: Herzaky Mahendra Putra (Dok. Demokrat).
Jakarta -

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut hubungan partai dengan PKS dan NasDem semakin erat jelang kontestasi politik 2024.

"Kalau kami begini, ini saat ini kan dengan dua parpol sahabat calon mitra koalisi keduanya sudah relatif dekat ya dan komunikasi sudah sangat nyambung gitu," kata Herzaky di DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022). Dia menjawab pertanyaan akankah Demokrat berkoalisi dengan partai lain seperti Golkar.

Herzaky menyebut banyak hal yang sudah disepakati PD bersama PKS dan NasDem. Herzaky berharap sisa-sisa pembicaraan yang harus diselesaikan bisa dituntaskan segera.

"Dan banyak hal yang sudah kami sepakati seperti tadi misalnya disampaikan Mas Willy (Ketua DPP Partai Nasdem) ya kan sudah 80% tinggal 20% persen nih. Ya mengapa kita mengulang dari nol karena saat ini sudah 80%, gitu. Harapan kita tentu 80 persen ini bisa kita tuntaskan gitu," ujarnya.

Herzaky menegaskan Demokrat saat ini tidak akan keluar dari fokus menjalin komunikasi dengan PKS dan NasDem meskipun belum resmi. Herzaky mengatakan, peluang koalisi ketiganya sudah semakin dekat dan menunggu deklarasi.

"Dan nggak ada itu keluar. Kami setia, fokus. Saat ini kita punya relasi, interaksi yang sangat intens dengan dua parpol sahabat yang kemungkinan akan membentuk koalisi. Sudah semakin dekat tercapai kesepakatan untuk finalisasi dan deklarasinya gitu. Istilahnya itu tinggal sedikit lagilah. Nah ini kami akan fokus di situ dulu," kata dia.

Herzaky mengatakan komunikasi dengan parpol lainnya masih terjalin sampai saat ini.

"Tapi ya nanti jika memang ke depannya ternyata ada dinamika lain ya ikuti saja. Tapi saat ini kami fokusnya di sini dulu. Tapi komunikasi tentu kita jalan dengan semua. Karena bagaimana pun kita koalisi tidak koalisi dengan siapa pun, kita harus komunikasi partai politik ini. Jangan kemudian malah, saya tidak koalisi dengan dia, jadi tutup komunikasi, tutup silaturahmi, gak gitu," ujarnya.

Simak juga video 'Demokrat Optimistis Duet Anies-AHY Tanpa Tanding di Pilpres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT