Elektabilitas Parpol Versi LSJ: PDIP Unggul, Golkar-PD Bersaing Ketat

ADVERTISEMENT

Elektabilitas Parpol Versi LSJ: PDIP Unggul, Golkar-PD Bersaing Ketat

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 14:16 WIB
Ilustrasi partai politik (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi partai politik (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

PDIP berada di pucuk teratas survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) terkait elektabilitas partai politik. Gerindra berada di posisi kedua disusul Golkar dan Demokrat yang bersaing ketat.

Hasil ini berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan LSJ pada 10-20 September 2022. Terdapat 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuesioner. Margin of error +/- 2,81 persen, dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Elektabilitas PDIP berada di puncak dengan persentase 22,8%. Kemudian disusul Gerindra 16,9%. Kemudian di posisi ketiga dan keempat diisi oleh Golkar dan Demokrat yang suaranya beda tipis yakni 10,3% dan 10,1%.

"Mengenai elektabilitas partai politik, PDI Perjuangan tetap tidak tergoyahkan posisinya di puncak elektabilitas sejak survei LSJ bulan Februari 2022. Partai Gerindra berada di posisi kedua dan terus membuntuti elektabilitas PDI Perjuangan. Sementara Partai Golkar dan Partai Demokrat kelihatannya akan bersaing ketat memperebutkan posisi ketiga dan keempat," kata Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto, Selasa (27/9/2022).

Lebih lanjut, Fetra mengatakan belum ada partai baru yang melampaui elektabilitas melebihi 1 persen. Dia menilai hal ini sinyal kalau partai baru akan sulit menembus Senayan.

"Mengenai kehadiran partai-partai baru seperti Partai Ummat dan Partai Gelora hingga saat ini belum ada satu partai pun diantara mereka yang berhasil memperoleh elektabilitas melebihi satu persen. Ini sinyal bahwa peluang partai-partai baru untuk menembus Senayan kelihatannya sangat tipis," ujarnya.

Berikut hasil lengkap elektabilitas parpol:

PDIP 22,8%
Gerindra 16,9%
Golkar 10,3%
Demokrat 10,1%
PKS 7,3%
PKB 6,9%
NasDem 3,8%
Perindo 3,7%
PAN 2,8%
PPP 2,1%
Partai Lainnya 4,2%
Tidak memilih 9,1%

Simak juga video 'Survei CSIS: Ganjar Unggul Dominan, Tapi Kalah Duel Vs Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT