Kurang Populer di Pemilih Muda Versi Survei CSIS, Ini Kata PKB

ADVERTISEMENT

Kurang Populer di Pemilih Muda Versi Survei CSIS, Ini Kata PKB

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 15:07 WIB
Wasekjen PKB sekaligus wakil ketua Komisi IV DPR
Daniel Johan (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kurang populer bagi pemilih muda versi survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS). Ketua DPP PKB Daniel Johan mengatakan partainya akan terus memperbaiki gaya komunikasi dengan kaum milenial.

"Tentu terima kasih meskipun secara fakta PKB dikuasai oleh kaum muda, bahkan di DPR mayoritas dari PKB itu semua muda, tetapi dari hasil survei ini akan menjadi dorongan kami untuk semakin mengefektifkan gaya komunikasi dengan konstituen," kata Daniel yang hadir pada acara rilis survei dalam tayangan YouTube CSIS, Senin (26/9/2022).

Daniel menyadari popularitas PKB di kaum mudah masih cukup rendah dibandingkan dengan partai besar lainnya. Dia menyebut hasil survei akan menjadi masukan untuk PKB.

"Meskipun dari popularitas PKB masih cukup rendah, baru 60 persen dibandingkan PDIP dan Golkar tinggi untuk dikenal oleh kaum muda. Jadi memang ini menjadi masukan yang berarti bagi kamu untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan kaum muda," tutur dia.

Hasil Survei CSIS

Hasil survei CSIS menunjukkan Golkar menjadi partai yang paling populer bagi pemilih muda. Sementara, PKB masih memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk melakukan pengenalan kepada pemilih muda.

"Relatif pengenalan terhadap partai kita sudah cukup tinggi dengan jarak antar 4 partai berjaraknya tipis-tipis aja nih. Golkar, PDIP, Gerindra, kemudian Demokrat tipis-tipis tapi sudah lewat di atas angka 90 persen. Baru kemudian NasDem, Perindo," kata kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, dalam tayangan di YouTube CSIS, Senin (26/9).

Arya menyebut popularitas PKB pada pemilih muda masih pada angka 68%. Dia menyebut pengenalan terhadap pemilih muda masih menjadi pekerjaan rumah PKB.

"PKB ini PR nih anak mudanya masih... pengenalan anak mudanya baru 68,1 persen," kata dia.

Survei CSIS ini dilakukan pada 8-13 Agustus 2022 terhadap responden yang berusia 17-39 tahun yang diasumsikan sebagai pemilih muda. Penarikan sampel menggunakan multistage random sampling terhadap 1.200 responden di 34 provinsi. Margin of error sebanyak +/-2,84% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut hasil survei terkait pupularitas parpol di pemilih muda:
- Golkar 94%
- PDIP 93,5%
- Gerindra 92,7%
- Demokrat 91,6%
- NasDem 84,2%
- Perindo 82,5%
- PAN 78,7%%
- PKS 71,5%
- Hanura 69,8%
- PKB 68,1%
- PPP 65,2%
- PBB 55,8%
- PSI 45,9%
- Garuda 35,2%
- Berkarya 24,6%
- PKPI 20,8%
- Gelora 8%
- Partai Ummat 16,2%

(lir/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT