ADVERTISEMENT

Fahri Hamzah Sentil Pihak Ributkan 'Orang Belum Punya Tiket', Siapa?

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 20:25 WIB
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meluncurkan dua buku hasil pemikirannya. Buku tersebut berjudul
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah menyentil pihak yang meributkan 'orang belum punya tiket' untuk Pilpres 2024. Siapa pihak yang disenti Fahri Hamzah itu?

"Orang belum punya tiket kalian sudah ribut, kan kasian kalau nggak dapat," cuit Fahri lewat akun Twitter resminya @Fahrihamzah, Selasa (20/9/2022). Fahri Hamzah sudah mengizinkan cuitannya dikutip.

Fahri Hamzah kemudian menjelaskan makna cuitannya itu. Dia menyebut cuitannya dimaksudkan untuk siapapun yang meributkan tokoh digadang-gadang sebagai capres, padahal belum tentu diusung oleh parpol.

"Siapapun. Pertengkaran antara para calon yang belum punya tiket ini bersumber dari kesalahan sistem nominasi yang tidak demokratis," ucapnya.

Fahri Hamzah enggan menyebut secara gamblang siapa pihak yang meributkan dan siapa orang yang belum punya tiket itu. Dia kemudian mengaku kasihan dengan Presiden Jokowi.

"Pilpres 2024 itu bikin orang ribut gak jelas. Kasian juga Pak Jokowi. Masih lama menjabat tapi penggantinya sudah ribut. Harusnya kan sampai Pileg selesai baru ada Capres," ujarnya.

Dia kemudian bicara soal sistem nominasi capres yang tidak demokratis. Dia menyebut sistem yang ada saat ini membuat capres hanya ditentukan segelintir elite partai.

"Ciri dari suatu sistem Pemilu yang demokratis adalah apabila nominasi dilakukan oleh rakyat yang punya hak pilih dan kemudian setelah itu pemilihan umum juga dilakukan oleh rakyat juga. Sementara dalam sistem kita sekarang ini nominasi dilakukan oleh segelintir elite parpol, sementara rakyat tidak ikut melakukan nominasi," jelasnya.

Tonton juga Video: PKB Saran SBY Ungkap Sosok Diduga Pengatur Pilpres Hanya 2 Paslon

[Gambas:Video 20detik]




(maa/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT