ADVERTISEMENT

4 Tafsir Waketum PD soal Foto Anies-AHY-Paloh, Salah Satunya Menakutkan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 15:34 WIB
Ketum Agus Harimurti Yudhyono (AHY), Anies Baswedan, Ketum NasDem Surya Paloh, dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.
Ahmad Syaikhu, AHY, Surya Paloh, dan Anies. (Twitter BennyHarmanID)
Jakarta -

Waketum Partai Demokrat (PD) Benny Kabur Harman mengunggah foto Ketum Agus Harimurti Yudhyono (AHY), Anies Baswedan, Ketum NasDem Surya Paloh, dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Benny menilai foto bersama itu memiliki dua sisi yang saling berbanding terbalik.

"Kalau foto ini diambil 5 tahun lalu mungkin dilihat orang biasa saja. Dalam konteks sekarang menyejukkan tapi mungkin juga menakutkan. Pesan foto ini bukan sekadar foto, dia juga berbicara, berdialog, dan menjawab apa yang menjadi pertanyaan rakyat kebanyakan hari-hari ini," kata Benny di akun Twitter-nya seperti dilihat, Selasa (20/9/2022).

Dihubungi terpisah, Benny K Harman menjelaskan soal dua sisi foto bersama AHY, Anies, Paloh, dan Syaikhu. Soal sisi ketakutan, Benny menjelaskan bahwa Anies mendapat dukungan luas masyarakat.

"Foto ini membawa pesan pertama, tiga kekuatan politik properubahan dan perbaikan secara terbuka di depan umum memperlihatkan eksistensinya. Kedua, tanpa canggung ketiga pimpinan parpol properubahan dan properbaikan dengan foto bersama seolah ingin mendeklarasikan diri akan bersatu dalam kontestasi pilpres yang akan datang," ujar Benny.

"Ketiga, menakutkan karena Anies mendapat dukungan rakyat bak banjir bandang. Keempat, bersatunya tokoh-tokoh kunci dari tiga parpol ini mendapat respons positif tinggi dari rakyat dari seantero negeri," sambungnya.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K HarmanWakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K Harman (Alfons/detikcom)

Benny mengatakan foto tiga pemimpin partai dan Anies itu mengandung banyak pertanyaan. Salah satunya soal koalisi dan arahan dukung di 2024 nanti.

"Benarkah foto ini membawa pesan bahwa PKS, Demokrat, dan Nasdem kini berkoalisi? Akan usung Anies sebagai Capres di 2024? Lalu siapa calon wapresnya? Banyak lagi pertanyaan yang bisa diajukan, bebas saja. Silakan," imbuhnya.

Momen foto bersama AHY, Surya Paloh, Ahmad Syaikhu, dan Anies Baswedan itu di acara pernikahan anak politikus NasDem Sugeng Suparwoto. Ketua DPP NasDem Willy Aditya menjelaskan bahwa pertemuan terjadi di resepsi pernikahan anak Sugeng Suparwoto, Minggu (18/8) malam. Sugeng sendiri merupakan anggota DPR RI.

Willy mengatakan acara tersebut adalah silaturahmi di acara pernikahan. Tidak ada pertemuan khusus membahas soal koalisi dan mengusung capres.

"Silaturahim, kalau toh ada (pembicaraan politik) tentu itu sambil makan dan ketawa-ketiwi serta salaman karena banyak orang di resepsi pernikahan tersebut," ucapnya.

Simak juga video 'Respons Anies soal Peluang Jadi Capres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT