Jokowi Bahas Posisi Wantimpres Mardiono Usai Ada Kejelasan di PPP

ADVERTISEMENT

Jokowi Bahas Posisi Wantimpres Mardiono Usai Ada Kejelasan di PPP

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 15:17 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir sekaligus membuka acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Gedung Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).
Foto: Presiden Jokowi (Grandyos Zafna/detikcom).
Jakarta -

Penunjukan Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Mardiono menjadi Plt Ketua Umum memunculkan tanda tanya mengenai posisinya sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan posisi Wantimpres bakal dibahas setelah ada kejelasan mengenai persoalan di PPP.

"Iya itu masalah internal di PPP, saya nggak tahu, itu selesai terlebih dahulu baru kita bicara masalah Wantimpres," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).

Jokowi tak mau ikut campur polemik di tubuh PPP. Jokowi menyebut masalah itu merupakan urusan internal PPP.

"Di situ belum selesai, dan itu wilayahnya internal PPP. Kalau itu sudah ada kejelasan baru berbicara masalah Wantimpres," ujar Jokowi.

Saat ditanya mengenai surat pengunduran diri Mardiono dan komunikasi dengan PPP, Jokowi mengatakan belum menerima.

"Belum. Mensesneg aja belum apalagi di saya," ujar Jokowi.

Mardiono Tunggu Arahan Jokowi

Sebelumnya, Mardiono menyatakan akan menunggu arahan Presiden Jokowi soal posisinya di wantimpres. Terkait jabatannya di Istana, Mardiono memastikan tak ada turut campur Presiden Jokowi pada dinamika yang terjadi di internal PPP.

"Berkait dengan jabatan saya sebagai wantimpres, tentu ruang politik dengan tugas saya di pemerintahan tentu beda. Saya pikir bahwa presiden tidak melekatkan diri dengan kancah persoalan-persoalan yang terjadi di kalangan internal dinamika di PPP. Jadi ini, jangan sampai nanti, karena ini sensitif, ya, tentu Pak Presiden tidak mencampuri internal-internal atau dinamika-dinamika yang terjadi di PPP," kata Mardiono saat dihubungi, Senin (5/9).

Mardiono menjelaskan proses pengukuhannya baru saja dilakukan Dia menyebut saat ini akan mengurus proses administrasi dahulu.

"Kemudian saya ditunjuk sebagai Plt ketum. Ini ada proses, karena tadi malam baru diselesaikan proses itu. Jadi nanti ada proses administrasi," katanya.

Usai menyelesaikan proses administrasi pergantian jajaran di pengurus harian partai, Mardiono akan meminta arahan kepada Presiden Jokowi terkait jabatannya sebagai wantimpres.

"Nah setelah itu tentu saya akan meminta arahan kepada Bapak Presiden. Itu jadi kewajiban saya karena Pak Presiden selain sebagai kepala negara juga sebagai kepala pemerintahan. Jadi pada posisi itu, ya," ujarnya.

Lihat juga video 'Mardiono Cs ke Kemenkumham, Serahkan Berkas Pergantian Ketum PPP':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT