ADVERTISEMENT

NasDem Targetkan Deal Koalisi Pilpres Tahun Ini, Bareng Siapa?

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 08:25 WIB
Willy Aditya
Willy Aditya (Ari Saputra).
Jakarta -

Partai NasDem menyatakan segera mengumumkan koalisi untuk Pilpres 2024 seperti yang dilakukan oleh Gerindra dan PKB. NasDem menargetkan urusan koalisi rampung tahun ini.

"Target paling lambat tahun ini, semoga sudah ada kejelasan. Pegangan NasDem, apa yang jadi keputusan Rakernas. Komunikasi dengan partai lain so so saja. Masih begitulah, (pertemuan) terakhir cukup lama. Tapi informal masih terjaga," kata Ketua DPP NasDem, Willy Aditya, kepada wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Menurutnya, NasDem masih menjalin komunikasi dengan partai lain. Khususnya, PKS dan Demokrat yang belum menentukan koalisi.

"NasDem terus komunikasi dengan partai yang belum memiliki koalisi. Namun, kalau komunikasi dengan semua partai, Gerindra, PKB jalan terus," katanya.

Dia mengatakan pengumuman bakal capres dengan tiga nama, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Jenderal Andika Perkasa, memberi tantangan sendiri bagi NasDem. Namun, dia menyatakan tak ada hambatan dalam urusan koalisi.

"Itu tantangan bagi NasDem, kita tentukan nama figur tapi belum ada kolalisi. Ada dinamika politik, kita berusaha, kemudian ada kejelasan. Kalau hambatan (bentuk koalisi) nggak ada," ucapnya.

NasDem pun mengapresiasi langkah dari Gerindra dan PKB untuk secepatnya meresmikan koalisi. Hal ini, katanya, membantu publik untuk memilih capres yang pas.

"Kita apresiasi, koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Itu satu hal bagus, positif untuk proses pendidikan politik. Sehingga, publik tak beli kucing dalam karung," ucapnya.

Gerindra dan PKB Resmi Deklarasikan Koalisi di Pilpres 2024

Gerindra dan PKB resmi mendeklarasikan koalisi di Pilpres 2024. Koalisi Gerindra dan PKB secara langsung dideklarasikan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8).

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.07 WIB, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Ukum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meneken piagam deklarasi. Terlihat Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, dan pejabat teras kedua parpol mendampingi.

Usai itu, keduanya mengangkat piagam deklarasi yang telah ditandatangani. Riuh sorak para kader langsung memenuhi seantero ruangan.

Simak juga 'Politisi Senior NasDem Bicara Peluang Jokowi jadi Cawapres Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT