ADVERTISEMENT

Senior PDIP soal Ganjar: Semua yang Dekat Presiden Terus Geer

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 15:26 WIB
Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno
Hendrawan Supratikno (Foto: dok. ist)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bicara soal perasaan tidak berjarak dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno menyebut semua pihak yang dekat dengan Jokowi menjadi GR atau geer (gede rasa).

"Semua yang dekat Presiden terus GR. Ini bikin pasar politik jadi riuh rendah," kata Hendrawan kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Hendrawan menyebut kedekatan dengan Jokowi seperti yang diklaim Ganjar harus diuji. Dia mempertanyakan maksud Ganjar menyinggung kedekatan tak berjarak dengan Jokowi.

"Pak GP (Ganjar Pranowo) dekat dengan Pak Jokowi, tapi apa yang terdekat di antara calon potensial capres? Apakah GP ingin teridentifikasi sebagai yang terdekat? Ini tidak mudah jawabnya. Harus ada uji kedekatan relasional dan aspirasional," ujarnya.

Hendrawan kemudian menjelaskan keuntungan seseorang yang dekat dengan petahana. Orang itu, sambung Hendrawan, dapat membawa keuntungan dengan mendapatkan informasi-informasi penting.

"Yang jelas, dekat dengan petahana, membawa keuntungan. Bisa dapat informasi penting, dapat langsung memikirkan tantangan yang harus diselesaikan. Ada aspek persepsi kesinambungan yang baik," ucap Hendrawan.

Hendrawan menyebut alangkah baiknya jika politik tidak digiring ke hal-hal yang bersifat elit. Menurutnya, kedekatan dengan rakyat juga harus dijalin.

"Lebih penting mana dekat dengan rakyat atau dengan individu per-individu? Politik kita jangan digiring ke hal-hal yang elitis. Yang lebih penting memahami konstitusi dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh," sambungnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT